Home Tips Ini Penyebab Motor Injeksi Mati Saat di Gas

Ini Penyebab Motor Injeksi Mati Saat di Gas

0
96

Motor injeksi yang pengoperasiannya dikenal lebih mudah dibanding karburator, ternyata bisa mati saat digas juga. Penyebab motor injeksi mati saat di gas pun cukup variatif. 

Jika Anda mengalaminya, cobalah untuk tidak panik dan pinggirkan motor terlebih dahulu.

Saringan udara terlalu kotor

Saringan udara ini berfungsi untuk memfilter udara dari debu dan kotoran yang bisa masuk ke dalam mesin. Komponen ini memungkinkan udara yang masuk ke ruang pembakaran lebih bersih karena sudah disaring. 

Namun, jika sudah terlalu kotor, maka seringkali hal ini membuat masalah pada idle mesin yang mati mendadak. Oleh karena itu, pembersihan pada filter ini penting dilakukan. Setidaknya dalam interval 5.000 KM tempuh. 

Sirkulasi tangki BBM tersumbat

Bahan bakar kendaraan motor tersimpan dalam sebuah tangki yang tertutup rapat. Namun, bukan berarti benda tersebut memiliki sirkulasi udara di dalamnya. Jika diperhatikan lebih teliti, sebenarnya pada tutup tangki bisa ditemukan lubahng kecil.

Lubang tersebut berfungsi menjaga tekanan udara di dalam tangki tetap lancar. Apabila lubang tersebut tertutup, otomatis bensin tidak bisa tersalur ke ruang bahan bakar. Tak heran jika akhirnya motor berhenti tiba-tiba ketika Anda berada di jalan.

Busi Tidak Berfungsi dengan Baik

Busi menjadi komponen penting yang mempengaruhi proses pengapian pada mesin kendaraan.

Jika busi rusak atau melemah, motor jadi terasa berat ketika di gas bahkan mati mendadak. Jika hal ini terjadi, komponen tersebut harus dilepas untuk diperiksa lebih lanjut. 

Namun, melepas busi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus memastikan kondisi mesin motor sudah tidak terlalu panas. Jika tidak memperhatikan suhu mesin, maka bukan tidak mungkin akan memperparah kerusakan komponen. 

Busi yang dilepaskan ketika mesin masih panas berpotensi membuat bagian lubangnya cepat aus. Jika mesin sudah sejuk, gunakan kunci busi untuk mencopotnya. Apabila kondisi busi sudah menghitam pekat, maka sudah seharusnya diganti.

Apabila hanya sekedar kotor terkena debu, busi tidak perlu diganti dan cukup di lap saja. Setelah itu, pasangkan kembali dengan teknik yang benar.

Baca juga : Tips Menabung Untuk Mendapatkan Mobil Baru di Tahun 2022

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here