Penggunaan minyak kopling sangat vital pada mobil dengan transmisi manual. Jika Anda terlambat menggantinya, maka bisa menimbulkan kerusakan pada sistem transmisinya. Hal ini memang terlihat sepele namun dampak buruknya sangat besar. 

Pada kasus tertentu minyak kopling bisa saja cepat habis padahal mungkin saja Anda sudah menggantinya dengan rutin. Minyak yang cepat habis menjadi pertanda ada sesuatu yang tidak wajar terjadi pada sistem transmisi mobil Anda. 

Penyebab utama minyak kopling mobil cepat habis tidak lain adalah terjadinya kebocoran. Anda mungkin sudah mengganti minyak dengan yang baru, tapi belum digunakan dalam waktu lama ternyata minyak tersebut cepat habis. 

Kebocoran bisa terjadi karena beberapa sebab seperti kualitas selang fleksibel minyak merupakan produk yang buruk. Bisa juga disebabkan mesin mobil yang sudah terlalu tua. 

Mengenai kebocoran ini Anda bisa mengetahui beberapa gejala yang harus ditindaklanjuti dengan pengecekan. Berikut beberapa gejalanya. 

Tangki penampung yang cepat habis

Gejala pertama yang sangat terlihat adalah pada tangki penampungan minyak kopling lebih cepat habis. Minyak kopling yang baru diisi akan habis padahal baru diisi ulang beberapa minggu lamanya. 

    Muncul rembesan pada master kopling

Perhatikan juga pada bagian master kopling, apakah muncul rembesan? Jika iya artinya terjadi kebocoran. 

    Pedal kopling tak bisa kembali

Ciri adanya kebocoran adalah saat Anda sudah menginjak pedal kopling yang terjadi adalah pedal tidak kembali ke posisi semula. Alasannya karena tidak ada tekanan yang dihasilkan oleh minyak. 

Dilihat dari gejala ini Anda sudah bisa memastikan bahwa terjadi kebocoran pada master kopling. Selain bocor, kinerja kopling juga tidak maksimal jika Anda tidak rutin menggantinya dengan minyak yang baru. 

Harga minyak kopling mobil tidaklah terlalu mahal, dengan rutin menggantinya maka transmisi mobil pun bisa bekerja dengan lebih sempurna. 

Baca juga : Tips Menabung Untuk Mendapatkan Mobil Baru di Tahun 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here