Melakukan perjalanan jarak jauh tentu berbeda dengan perjalanan di dalam kota. Selain membutuhkan fisik yang sehat, Anda juga perlu lebih waspada dan melakukan persiapan untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi di perjalanan. Agar perjalanan jarak jauh Anda berjalan aman dan nyaman, simak tips berikut:

Pelajari Rute Sebelum Berangkat

Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya Anda sudah memeriksa rute yang akan ditempuh melalui aplikasi seperti Google Maps atau Waze. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah rute yang dipilihkan oleh aplikasi sudah sesuai dengan preferensi Anda: apakah rutenya melewati jalan sempit perkampungan namun lebih cepat sampai tujuan, ataukah melewati jalan besar namun lebih lambat tiba di tujuan? Apakah rutenya banyak belokan dan tanjakan, ataukah ada jalan alternatif lain? Dengan mengenali rute-rute alternatif, Anda dapat memilih rute yang terbaik agar terhindar dari rasa panik saat maps mengarahkan Anda ke medan jalan yang tidak sesuai preferensi. 

Pastikan Bensin dan Saldo e-Toll Cukup

Hal ketiga yang harus Anda pastikan tentunya adalah ketersediaan bensin, yang kerap kali diabaikan namun sangat penting di perjalanan. Pasalnya, tidak semua rute yang Anda lalui menyediakan pom bensin, sehingga Anda disarankan mengisi bensin sampai penuh sebelum memulai perjalanan. Selain itu, Anda juga perlu memastikan saldo e-Toll yang dimiliki cukup untuk sampai di tujuan, dan lebih baik apabila smartphone Anda telah dilengkapi fitur Near Field Communication (NFC) sehingga dapat melakukan pengisian saldo e-Toll dimana saja.

Siapkan Nomor Darurat

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah menyiapkan nomor darurat sebagai antisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Anda dapat menyimpan nomor rumah sakit, nomor kantor polisi, serta nomor layanan darurat lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here