Berkendara sepeda motor pastinya tidak lepas dengan aksi untuk melewati jalan yang berbelok. Ketika melewati julur tersebut ada sejumlah hal yang harus diperhatikan agar kita tetap aman dalam berkendara.

Sebelum mengambil tindakan berbelok di jarak sekitar 15-25 meter sebelum belokan, kita harus memberikan tanda dengan menyalakan lampu sein sesuai arah berbelok yang akan dituju.

Selanjutnya kita harus memperhatikan kaca spion untuk memastikan jika sudah tidak ada pengendara lain dari arah belakang yang akan mengikuti tujuan kita berbelok.

Setelah terlihat kosong, perlahan mulai kurangi kecepatan motor dengan mengendurkan aliran gas dan juga memberi tekanan pada pengereman. Namun jangan terlalu pelan agar keseimbangan motor masih tetap terjaga.

Kemudian ketika di jalan belokan ada kendaraan roda empat yang juga sama-sama akan berbelok, yang mana kita ketahui dari arah sein yang diberikan. Pastikan Anda tidak mengambil jalur sebelah kirinya, karena hal tersebut sangat membahayakan. Sebaiknya, ambil posisi di belakangnya saja.

Ketika sampai di titik tikungan, ambil posisi yang tepat untuk mengeksekusi setang agar sepeda motor memiliki kemiringan yang tepat sesuai dengan medan jalan yang berliku. Setelah berhasil melewati tikungan kembali tarik putaran gas secara perlahan sampai kecepatan yang diinginkan.

Baca juga : 4 Tips Memilih Merk Ban Mobil Terbaik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here