Libur lebaran telah usai, masyarakat masih harus tetap waspada karena pandemi Covid-19 belum usai. Pandemi yang berlangsung hampir 3 tahun membuat masyarakat cukup terbiasa dengan sistem bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Namun dengan semakin melandainya kasus Covid-19, saat ini sebagian besar perusahaan sudah kembali menerapkan kebijakan full work from office (WFO) seperti dulu saat sebelum ada pandemi. Karena itu, perusahaan harus mulai menyiapkan karyawan untuk menyambut aktivitas normal kembali.

Salah satu yang harus dipertimbangkan yaitu soal transportasi. Dilansir dari DetikOto, berikut alternatif moda transportasi yang bisa digunakan oleh karyawan untuk pergi ke kantor.

Kendaraan Pribadi

Selama pandemi, banyak orang memilih menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan pribadi, khususnya mobil dinilai lebih aman untuk mobilitas saat berangkat dan pulang kerja, ketimbang harus menggunakan transportasi umum.

Hal ini karena kendaraan pribadi memungkinkan penggunanya terhindar dari kontak fisik sehingga meminimalisir risiko penularan dari orang lain. Akan tetapi di sisi lain, penggunaan kendaraan pribadi berpotensi menambah kemacetan. Selain itu, juga menambah biaya, terutama untuk bahan bakar, parkir, dan berbagai lainnya.

MRT

Sekitar 3 tahun yang lalu, Moda Raya Terpadu atau MRT resmi beroperasi, yang melayani rute Lebak Bulus-Bundaran HI atau sebaliknya. Kehadiran MRT semakin melengkapi pilihan transportasi bagi yang bekerja di area jakarta.

Apalagi saat ini MRT sudah terkoneksi dengan transportasi lainnya, seperti Transjakarta. Masyarakat pun semakin mudah dan cepat dalam bermobilitas. Pasalnya, untuk mencapai Bundaran HI maupun Lebak Bulus hanya dibutuhkan waktu 30 menit saja.

KRL Commuter

Kebanyakan orang yang tinggal di wilayah Jabodetabek memilih menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) untuk menuju tempat kerja. Terutama mereka yang rumahnya berada di Depok maupun Bogor, tapi harus bekerja di Jakarta. KRL menjadi favorit karena ongkosnya yang terbilang murah. Selain itu, naik KRL juga membutuhkan waktu yang lebih singkat dibanding moda transportasi umum lainnya, karena bebas macet

GoRide dan GoCar

Ojek online alias ojol menjadi salah satu transportasi andalan karena harganya yang relatif terjangkau. Selain itu, masyarakat juga mudah dalam memanggil driver ojol kapan pun dan di mana pun. Salah satu platform ojek online yang banyak diminati, yaitu Gojek. Selain GoRide dan GoCar, Gojek juga memiliki layanan GoCar Protect+ yang memiliki sekat pelindung serta air purifier yang efektif menangkal 91,3% virus di udara dalam 30 detik. Sehingga perjalanan dari dan menuju kantor lebih nyaman dan aman.

Baca juga : Tips Aman Berkunjung ke Pameran Otomotif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here