Umumnya ketika jika baru pertama kali mengendarai kendaraan bermotor pasti pernah merasakan gugup atau takut, kondisi ini merupakan hal yang wajar bagi setiap orang. Namun, ketakutan ini sebenarnya dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain apabila tidak segera diatasi. 

Hal tersebut dikarenakan pada saat gugup tubuh akan bergetar dan menyebabkan keseimbangan menurun. Kondisi inilah yang membuat proses belajar mengendarai motor sedikit terhambat. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir dengan hal ini karena artikel di bawah akan mengulas mengenai cara-cara mengatasi rasa gugup dan takut sat belajar naik motor. Dilansir dari Otosia, berikut adalah cara mengatasi rasa takut saat naik motor.

Memberanikan Diri

Hal pertama yang harus dikuasai saat belajar menaiki motor adalah keberanian atau kepercayaan diri. Sebaiknya jangan menunggu alasan lain yang justru dapat memicu tidak jadinya belajar sepeda motor. Sebenarnya rasa takut dapat diatasi dengan selalu berpikir positif dan menanamkan mindset jika pasti bisa melakukan hal apapun. 

Menarik Nafas 

Sebelum menaiki motor ada baiknya jika menarik nafas terlebih dahulu yang dilanjutkan dengan menghela secara perlahan. Hal ini dapat membuat perasaan sedikit lebih tenang. Jika sudah menarik nafas, tarik tuas gas secara perlahan. 

Menikmati Perjalanan

Setelah berhasil menarik tuas gas, pastikan kalian dalam posisi yang stabil dan jangan buru-buru untuk menarik gas lebih dalam. Nikmati perjalanan sembari pandangan tetap fokus ke depan. 

Belajar di Halaman Luas

Jika kamu masih dalam tahap awal belajar, sebaiknya hindari jalan raya atau berliku. Disarankan untuk belajar di halaman terbuka yang luas dengan kondisi sepi. Hal ini ditujukan agar mengurangi resiko kecelakaan dan kesusahan saat proses belajar. 

Baca juga : Tips Aman Berkunjung ke Pameran Otomotif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here