Bagi pemilik motor, komponen yang wajib diperhatikan adalah mesin. Pasalnya, jika dilakukan perawatan yang benar, performa kuda besi kesayangan pastinya akan menurun, dan bakal sering bermasalah saat kendaraan roda dua digunakan untuk sehari hari atau melakukan perjalan jauh.

Namun, ada satu komponen yang selama ini dianggap remeh oleh empunya motor, yaitu pentil. Padahal, meskipun kecil dan tidak terlihat penting, komponen ini memiliki fungsi yang vital bagi kendaraan.

Melansir lama resmi Wahana Honda, banyak sekali fungsi dari komponen kecil ini, yaitu yang pertama pentil motor digunakan untuk mencegah udara di dalam ban keluar. Jika motor tidak menggunakan pentil, maka udara lambat laun akan keluar dengan sendirinya saat motor digunakan, dan hal tersebut lah yang menyebabkan si karet bundar sering kempes.

Fungsi selanjutnya, pentil motor juga berfungsi untuk mencegah debu dan kotoran masuk ke lubang pengisian angin. Jika lubang terisi kotoran, maka proses pengisian angin pun akan sulit dilakukan. Di musim hujan, pentil yang terbuka juga bisa menyebabkan air masuk dan meciptakan karat.

Nah, untuk menjaga kondisi pentil motor, pastikan selalu mengecek keberadaan komponen tersebut saat mengisi angin. Jangan sampai pentil motor diletakan sembarangan dengan akhirnya hilang. Banyak orang yang kehilangan pentil motor dan membiarkannya begitu saja, sampai bagian ban mengalami masalah.

Selain itu, pentil motor juga harus dijauhkan dari api karena bisa meleleh dan terbakar. Berhati-hatilah juga saat melepas dan memasang pentil karena teksturnya yang ringkih membuat pentil motor rawan bengkok. Saat pentil motor sudah bengkok, jangan memasangnya dengan paksa karena justru bisa merusak ban.

Baca juga : Tips Menghilangkan Rasa Takut saat Belajar Naik Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here