Alarm yang terdapat di dalam sebuah mobil ditujukan untuk melindungi mobil dari tindak kejahatan pencurian. Pengoperasian alarm ini dapat melalui remote yang terdapat pada kunci mobil. Namun, ada kalanya kamu pasti pernah mengalami remote mobil mati ataupun macet.

Biasanya alarm akan bunyi ketika ada yang berusaha membuka paksa mobil ataupun hanya sekedar terkena getaran. Masalah yang kerap terjadi adalah alarm berbunyi namun remote sedang dalam keadaan tidak berfungsi.

Hal tersebut tentu meresahkan, khususnya ketika mobil sedang terparkir depan rumah, karena dapat mengganggu ketenangan orang lain akibat suara alarm. Tapi, kamu jangan khawatir, karena hal ini dapat diatasi dengan beberapa cara. Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah cara mematikan alarm mobil saat remote rusak.

Menghidupkan Mesin Mobil

Saat alarm mobil dalam keadaan menyala, Otolovers dapat segera menyalakan mobil agar alarm dapat langsung mati. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka pintu mobil secara manual dengan kunci mobil lalu tinggal menyalakan mesin seperti biasa. Ketika sudah dilakukan, otomatis alarm mobil akan mati sendiri karena kunci telah terdeteksi dengan sensor.

Membuka Pintu

Seperti yang telah dijelaskan di atas, mematikan alarm juga dapat melalui kunci mobil. Namun, beberapa kesalahan pastinya pernah kamu lakukan, masalah tersebut adalah memaksakan remote pada kunci untuk bekerja. 

Padahal remote sudah tidak berfungsi secara normal, maka dari itu kamu hanya perlu memasukkan kunci mobil ke pintu, lalu putar ke posisi mengunci. Kemudian putar untuk membukanya beberapa kali. Hal ini dikarenakan saat mengunci mobil dengan cara yang benar dan manual, alarm akan menerima sinyal untuk segera mematikan bunyinya. 

  1. Reset Aki Mobil

Tahapan selanjutnya adalah dengan mereset aki sehingga dapat mematikan alarm. kamu hanya perlu melepas kabel negatif, namun tidak perlu melepas kabel positif. Jika sudah hidup, jangan lupa untuk memasang kembali kabel negatif. kamu disarankan untuk berhati-hati, dalam melakukan cara ini. 

  1. Melepas Sekring Alarm

Di dalam alarm terdapat sekring yang bisa dicari melalui buku panduan, posisi sekring ini berada di wadah mesin dan kabin. Dalam melakukan tahap ini diperlukan alat, yaitu tang berujung runcing agar dapat melepasnya. 

Baca juga : Tips Memasang Relay yang Baik dan Benar Pada Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here