Saat sudah menggunakan kendaraan terlalu lama tentunya akan meninggalkan bekas apabila tidak berhati-hati atau tak dirawat. Biasanya terdapat bekas lecet atau baret pada bodi mobil. Selain itu baret muncul juga disebabkan karena salah tempat parkir.

Namun, kamu tak perlu khawatir karena baret di mobil dapat dihilangkan dengan beberapa cara yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Kalian hanya perlu menyiapkan beberapa bahan saja yang mudah untuk ditemui di rumah.

Setelah berhasil menemukan barang yang dibutuhkan, langsung saja oleskan pada bodi motor yang baret. Agar tak salah cara dalam pemolesan, beberapa cara dibawah ini dapat dilakukan oleh kamu di rumah. Dikutip dari laman resmi Suzuki Indonesia, berikut cara menghilangkan baret motor.

Menghilangkan dengan Obat Nyamuk

Obat nyamuk tak hanya memiliki fungsi untuk membunuh nyamuk saja, tetapi juga berfungsi sebagai penghilang baret pada bodi mobil. Bahan yang terkandung dalam obat nyamuk bisa menghilangkan baret pada area bodi mobil. 

Untuk menggunakannya pun cukup mudah, kamu perlu menakar obat nyamuk terlebih dahulu agar pas sewaktu digunakan. Apabila obat nyamuk telah ditakar tuangkan pada lap yang bersih dengan material yang halus. 

Pastikan lap yang digunakan benar-benar kering, agar kandungan obat nyamuk tidak hilang dan hasil yang didapat maksimal.  Langkah selanjutnya apabila telah menuang obat nyamuk pada lap, usapkan pada area mobil yang baret secara merata dan tunggu selama 15 hingga 20 menit. 

Menggunakan Kompon

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan  kompon, krim ini sangat ampuh menghilangkan goresan pada bodi mobil. Jika baret yang didapat ringan, kamu dapat menggunakan kompon berwarna putih karena terbukti ampuh. 

Sama seperti cara yang pertama, langkah selanjutnya adalah siapkan kain bersih dan kering. Kemudian  dilanjutkan dengan membersihkan area yang tergores memakai air, hal ini dilakukan demi mengangkat kotoran yang membandel. 

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membersihkan bagian yang tergores dengan menggunakan air untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menempel. Kemudian bersihkan air yang sudah dituang tadi menggunakan lap hingga kering.

Supaya cat mobil tidak terkelupas, proses mengompon dilakukan dengan ringan dan perlahan. Tak lupa dibilas menggunakan air agar bekas kompon hilang. 

Menggunakan Minyak Rem

Minyak rem tak hanya memiliki fungsi untuk melumasi sistem pengereman, tetapi juga dapat digunakan untuk menghilangkan baret di bodi mobil. Sebelum di oleskan pada bodi, persiapkan dulu kanebo kering agar bodi tidak lecet. 

Untuk memulai memoles bodi, langkah awal yang harus otolovers lakukan adalah menuangkan minyak rem pada kanebo kering. Tuangkan minyak rem dengan takaran yang pas, sebelum pengolesan. Jika kamu tidak memiliki kanebo, sebenarnya dapat langsung menuang langsung di area bodinya, namun, harus lebih berhati-hati agar tidak melebar kemana-mana. 

Akan tetapi kamu disarankan agar tetap menggunakan kanebo pada tahap ini guna menghindari kejadian yang tak di inginkan dan disusul dengan pembersihan menggunakan air bersih dan lap kering. 

Baca juga : 4 Tips Menyetir Sebelum Berkendara Jarak Jauh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here