Beberapa komponen pada mobil umumnya harus dijaga agar tetap awet. Salah satunya adalah remote mobil, komponen satu ini terbilang harus dengan hati-hati merawatnya agar tak rusak.

Namun, jika sudah terlanjur rusak, kamu dapat meresetnya dengan beberapa cara. Dilansir dari laman Auto2000, berikut cara mereset remote mobil yang dapat dilakukan di rumah.

Memastikan Kondisi Baterai Remote Tidak Habis

Langkah pertama untuk mereset remote mobil adalah dengan mengecek baterainya tidak habis. Karena salah satu faktor remote mobil macet adalah kondisi baterai. Maka dari itu persiapkan baterai cadangan untuk melakukan penggantian. 

Kondisi baterai remote saat habis sebenarnya dapat dilihat dari lampu yang ada di komponen itu tidak menyala saat tombol ditekan. Inilah mengapa kamu harus langsung mengganti baterai remote agar dapat kembali bekerja optimal.

Membuka Kunci Mobil dengan Cara Manual 

Saat remote mobil mengalami kerusakan, biasanya menimbulkan masalah baru yaitu alarm yang berbunyi sendiri. Permasalahan tersebut diakibatkan oleh frekuensi antara komponen ini dengan mobil terganggu. Sehingga mengakibatkan alarm mobil sering berbunyi ketika akan mencoba membukanya via tombol di remote.

Untuk menanggulanginya kamu dapat melakukan reset dengan membuka kunci pintu mobil secara manual. Selanjutnya, cabut kunci mobil, keluar dari kabin, dan kunci semua pintu menggunakan tombol lock pada remote untuk memastikan kunci berfungsi optimal.

Pastikan Frekuensi Remote Tidak Terganggu

Untuk memastikan ada masalah pada remote mobil sebaiknya cek terlebih dahulu frekuensinya. Caranya adalah ketika kamu berada di area dengan gelombang elektromagnetik tinggi, maka kondisi tersebut dapat mempengaruhi kinerja frekuensi remote mobil. 

Biasanya ada tower radio, SUTET, TV, hingga BTS telepon seluler. Nah, jika ingin mereset kalian hanya perlu menghindari dari lokasi penuh gelombang elektromagnetik itu agar kinerja komponen kembali normal.

Remote Sudah Rusak

Tahap terakhir untuk mereset remote mobil ini adalah dengan memastikan bahwa kondisinya masih normal, karena jika remote sudah rusak maka kalian tak dapat menggunakannya kembali. 

Penyebab kerusakan cukup beragam, seperti sering terjatuh hingga tertekan, khususnya ketika ditaruh di kantong celana. Meskipun termasuk sebagai komponen yang jarang rusak, tetapi kamu harus menjaga dan merawatnya dengan baik. 

Baca juga : 4 Tips Memilih Merk Ban Mobil Terbaik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here