Home Roda 2 Mengenal Fungsi Spul Pada Motor

Mengenal Fungsi Spul Pada Motor

0
10

Sejatinya, komponen spul ini memiliki bentuk berupa kawat tembaga yang memiliki inti batang karbon. Namun, kawat tersebut memiliki jumlah lilitan yang berbeda antara spul satu dan lainnya. 

Selain itu, kamu juga tak bisa sembarangan menghitung lilitan kawatnya, hal ini dikarenakan lilitan tersebut mempengaruhi besar kecilnya tegangan listrik. Karena semakin banyak jumlah lilitannya maka semakin besar pula tegangannya, begitu pula dengan sebaliknya.

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa fungsi sebenarnya dari spul adalah penghasil tenaga listrik, sehingga dengan adanya komponen ini membantu kelistrikan sepeda motor seperti klakson, bel, dan lampu sein  dapat beroperasi. 

Di dalam spul terdapat tenaga listrik yang dihasilkan dari kumparan kawat tembaga. Dari proses ini akan menghasilkan aliran listrik yang masih dalam bentuk tegangan bolak balik. Agar arus tersebut dapat digunakan harus diubah dulu menjadi searah. 

Arus yang searah bertujuan agar komponen ini berfungsi, maka di kondisi ini komponen kiprok dibutuhkan karena bertujuan mengalirkan arus listrik menuju aki ketika tegangan sudah searah. 

Baca juga : Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Puasa Dari AHM

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here