Baru-baru ini akun Instagram Subaru Indonesia mengunggah beragam teaser terkait produk terbarunya. Dalam postingan Instagram @Subaru.Indonesia, mobil tersebut diduga kuat sebagai Subaru Forester dan meluncur pada 18 Mei 2022.

Mengutip dari Otosia, kumpulan teaser yang disebarkan Subaru meliputi siluet lampu depan dengan DRL berbentuk huruf “C” lancip dan bahkan menampilkan speedometer digital dengan Subaru Forester di dalamnya.

Yang pasti mobil ini menjadi produk pertama Subaru Indonesia, setelah sempat hengkang dari tanah air akibat masalah impor di tahun 2013 silam. Meski spesifikasi mobil ini belum banyak terungkap, situs Samsat DKI Jakarta memberikan petunjuk seperti apa mobil yang diluncurkan nanti. Ada dua model yang dikeluarkan, yakni Forester 2.0iL dan Forester 2.0iS .

Dengan adanya model tersebut, kemungkinan besar Forester versi Indonesia tidak memiliki spesifikasi seperti Forester di Amerika Serikat. Pasalnya Forester di negeri Paman Sam dibenamkan jantung pacu 2.500cc boxer.

Subaru Forester versi Indonesia boleh jadi mengusung spesifikasi yang sama denga Forester dari Thailand, karena mesin yang digunakan berkapasitas 2.000cc.

Dari keempat model yang ada di negeri Gajah Putih, Forester 2.0iS Eyesight yang ditawarkan menjadi spesifikasi yang akan diperkenalkan Subaru Indonesia kelak. Namun, Forester yang selama ini ditunjukan tidak mengusung bodykit dan dipastikan memiliki Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Dengan demikian, Subaru Forester versi Indonesia bakal memboyong mesin 2.000cc F20B boxer dengan semburan tenaga 156 PS dan torsi 196 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke setiap roda dengan sistem Active Torque Split AWD dan transmisi Lineartronic CVT.

Forester yang masuk ke Indonesia bisa jadi mendapatkan teknologi keselamatan EyeSight yang mencakup Lane Keep Assist and Sway Warning, Pre-Collision Braking an Throttle Management, serta Advanced Adaptive Cruise Control.

Selain varian yang terungkap, sistus Samsat DKI Jakarta juga mecatat Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) SUV ini. Dalam situs tersebut NJKB Subaru Forester 2.0iL tercatat Rp 277 juta, sedangkan Forester 2.0iS Rp 338 juta.

Sebagai perbandingan, Honda HR-V terbaru memiliki NJKB Rp 255 juta dan dijual ke publik dengan harga Rp 403,1 juta. Sementara NJKB Mazda CX-30 sebesar Rp 336 dan dipasangkan harga resmi Rp 539,9 juta.

Maka dari itu, kemungkinan besar Subaru Forester akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp 400-500 jutaan untuk tipe 2.0iL, lalu kisaran Rp 540 juta untuk varian 2.0iS.

Baca juga : Tips Menghilangkan Rasa Takut saat Belajar Naik Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here