Home Tips TIPS PENTING KETIKA ROAD TRIP SENDIRIAN

TIPS PENTING KETIKA ROAD TRIP SENDIRIAN

0
37

Pada dasarnya melakukan road trip sendirian akan membebaskan Anda untuk menentukan kemana tujuan Anda selanjutnya. Namun, berbanding lurus dengan risikonya, karena Anda melakukan perjalann sendirian maka lebih sulit untuk mencari bantuan ketika dibutuhkan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah beberapa tips penting yang wajib Anda lakukan ketika road trip sendirian.

ATUR JADWAL ANDA

Jangan terburu-buru saat menentukan tujuan. Ingat lah bahwa road trip ini adalah perjalanan solo Anda. Anda bebas memilih tujuan sendiri tanpa harus dipilih oleh orang lain. Karena itu aturlah jadwal Anda. Bila berencana untuk berkendara selama beberapa hari, pastikan bahwa tujuan dari satu kota ke kota lain hanya berjarak satu hari saja. Berhentilah setiap 4-5 jam sekali ketika berkendara serta utamakan untuk berkendara di siang hari. Mengatur jadwal perjalanan akan membantu Anda menjaga stamina selama berkendara.

KENALI TUJUAN UTAMA ANDA

Road trip adalah kesempatan Anda untuk mengenal lebih jauh tempat tujuan Anda. Oleh karena itu, jangan asal memilih satu tujuan saja. Puaskan diri dengan mengunjungi beberapa tempat di kota tujuan Anda. Misalnya, ketika Anda ingin berwisata ke Yogyakarta, jangan berhenti hanya di Keraton saja, tapi juga berkelilinglah untuk menikmati pesona alam di Gunung Kidul serta keindahan budaya di sekitar. Bila perlu, buatlah tema perjalanan sendiri agar tetap fokus mencari tujuan perjalanan yang sempurna.

GUNAKAN LEBIH DARI SATU PETA PERJALANAN

Jangan hanya bergantung pada satu peta saja saat melakukan road trip sendirian. Gunakan setidaknya dua peta. Satu peta untuk mengetahui tujuan-tujuan wisata yang disarankan,  lalu peta lainnya untuk menunjukkan jalan menuju ke sana. Bila perlu, buatlah sebuah peta yang bisa Anda gunakan untuk mencatat setiap perjalanan Anda dan menempelkan foto di setiap tujuan sebagai kenang-kenangan.

PESANLAH TEMPAT MENGINAP BEBERAPA HARI SEBELUMNYA

Jadwal sudah terencana, tujuan sudah dibuat, dan peta sudah siap digunakan. Saatnya untuk mengatur tempat menginap untuk beristirahat. Pastikan Anda memesan tempat menginap beberapa hari sebelum road trip. Hal ini untuk mengantisipasi apabila tempat menginap Anda terlalu penuh sehingga Anda terpaksa tidur di dalam mobil dengan segala ketidaknyamanan. Untungnya lagi, Anda bisa kemungkinan mendapatkan potongan harga bila memesan penginapan lebih awal.

BAWA PERALATAN SECUKUPNYA

Packing adalah hal paling penting sebelum bertualang. Meskipun Anda membawa mobil dalam perjalanan Anda, bukan berarti Anda boleh membawa segalanya di mobil Anda. Bawa barang secukupnya yang benar-benar berguna saat perjalanan. Pastikan ada satu tas untuk Anda bawa yang berisi pakaian serta perlengkapan menginap, lalu tas kecil untuk keperluan penting lain, seperti peralatan P3K. Dengan begitu, bawaan jadi lebih ringkas dan tak perlu pusing apabila ada benda yang hilang.

Penting juga untuk membawa peralatan darurat untuk mobil. Dongkrak, kunci pas, serta komponen penting yang mungkin dibutuhkan bisa dibawa sebagai tindakan antisipasi ketika mobil mengalami masalah. Jangan lupa juga membawa makanan ringan, CD lagu yang seru atau buku favorit Anda sebagai “teman” selama perjalanan.

Baca juga : CARA MERAWAT WIPER MOBIL SUPAYA AWET DAN BEKERJA MAKSIMAL

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here