Saat ini, bisnis rental mobil menjadi salah satu bisnis paling menjanjikan. Tidak hanya di kota-kota besar, rental mobil juga mulai tumbuh berkembang pesat di daerah. Kebutuhan masyarakat untuk bepergian ke luar kota atau bahkan luar provinsi yang membuat banyak bisnis rental mobil berkembang.

Memang prospek yang bagus, namun tidak semua bisnis rental mobil ini sukses diaplikasikan. Harus ada strategi tepat jika Nissan Lovers ingin sukses membangun bisnis ini. Ini dia tips sukses membangun rental mobil.

BUAT STRATEGI BISNIS TERLEBIH DAHULU

Apapun bisnis yang akan Anda kembangkan, selalu buat strategi bisnisnya terlebih dahulu. Mungkin Anda mengenal dengan nama business plan, yang di dalamnya berisi rancangan bisnis dari awal hingga potensi bisnis nantinya.

Selain poin-poin di atas, di dalam strategi bisnis Anda juga akan melihat berapa modal yang dibutuhkan dan berapa pengeluaran per bulannya untuk membuka bisnis rental mobil. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan business plan yang Anda miliki ini untuk mengajukan permohonan peminjaman modal.

MEMASTIKAN TIPE RENTAL

Bisnis rental mobil dibagi menjadi dua macam, yaitu rental harian dan rental berdasarkan kontrak. Dua tipe rental ini juga mempunyai target pasar yang berbeda. Jika Anda mengambil tipe rental harian, berarti tipe bisnis Anda akan business to customer atau B2C. sedangkan untuk rental berdasarkan kontrak, Anda akan mempunyai target pasar business to business atau B2B. Sistem bisnis B2C dan B2B ini sangat berbeda, jadi Anda harus berpikir jeli dalam memilih tipe rental.

RUTIN MERAWAT MOBIL ANDA

Selanjutnya adalah selalu jaga dan rawat mobil Anda. Mungkin Anda pernah menyewa mobil rental dengan kondisi yang cukup memprihatinkan. Dari luar, body mobil memang tampak bagus, tetapi di bagian dalam mobil justru pengap, bau tidak sedap, sampai kotor. Nah, untuk mendapatkan pelanggan tetap, Anda harus benar-benar  selalu merawat mobil Anda.

Salah satu cara lainnya untuk merawat mobil Anda adalah mendaftarkan ke dalam asuransi. Tentu Anda tidak mau mengeluarkan uang banyak ketika mobil Anda mengalami kerusakan, bukan?

MEMANFAATKAN STRATEGI MARKETING

Cara terakhir untuk membangun bisnis rental mobil adalah memanfaatkan strategi marketing. Seperti dijelaskan di awal, bisnis rental mobil ini mempunyai daya saing sangat tinggi. Jika Anda tidak mempunyai rancangan strategi marketing yang baik, Anda tidak akan bisa bertahan. Untuk strategi marketing pertama, Anda bisa memanfaatkan internet dengan membuat akun media sosial dan website untuk promosi.

Baca juga : Selamat Tinggal! Inilah Beberapa Mobil Yang Di Suntik Mati Di Indonesia Selama 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here