Melakukan perjalanan jauh mungkin menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Sudah terbayang betapa serunya nanti kisah perjalanan Anda bersama keluarga Tapi terkadang, road trip ini bisa menjadi sangat mahal jika kamu tidak merencanakan sebaik mungkin kegiatan ini. Banyak cara yang dapat membantu Anda menghemat uang selama melakukan road trip. Berikut cara mengatur uang yang bisa Anda lakukan.

PILIHLAH WAKTU DAN PERENCANAAN YANG TEPAT

Jumlah wisatawan akan meningkat ketika ada perayaan libur nasional dan juga musim liburan anak sekolah atau yang biasa disebut dengan high season, sehingga membuat beberapa harga akomodasi perjalanan Anda naik sekian persen.  

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari saat-saat seperti itu. Apabila Anda memang ingin melakukan perjalanan jauh saat high season sebaiknya rencanakan kegiatan tersebut sejak jauh hari. Dengan begitu, Anda dapat mempersiapkan pengeluaran selama perjalanan nanti.

BERHEMAT DALAM BIAYA MAKAN

Biasanya biaya liburan sebagian besar habis digunakan untuk membeli makan. Meskipun Anda telah menyediakan biaya khusus untuk membeli makan, bukan berarti boleh menghabiskan uang yang banyak untuk itu. Dalam menentukan budget untuk makan, pastikan Anda mempertimbangkan pula makanan apa yang dapat bertahan hingga beberapa jam namun tetap termasuk makanan yang disukai.

Anda bisa menghemat uang lebih banyak dengan membeli makanan ringan yang tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas. Anda juga bisa saja menginap di sebuah hotel yang memiliki dapur di kamarnya. Meskipun sedikit lebih mahal setidaknya Anda dapat memasak di dalam hotel dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di supermarket dibandingkan dengan pergi makan keluar hotel.

PERIKSA KONDISI MOBIL

Sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan jarak jauh, pastikan dulu kondisi mobil apakah sudah siap untuk dibawa atau adakah yang perlu diperbaiki agar tidak menimbulkan masalah selama perjalanan. Kondisi mobil yang sudah diperiksa secara menyeluruh tentu akan memudahkan perjalanan serta menghemat biaya perjalanan Anda kelak. Pastikan Anda sudah melakukan hal-hal penting seperti mengganti oli, memeriksa aki, dan mengisi angin pada ban mobil.

RENCANAKAN BIAYA PERJALANAN ANDA

Ketika Anda sedang berusaha untuk menabung dan pergi berlibur, tidak perlu Anda tanyakan lagi betapa pentingnya membuat perencanaan biaya sebelumnya. Setelah membuat rencana pengeluaran, pastikan Anda tetap disiplin mengikuti rencana tersebut agar Anda tidak mengeluarkan biaya lebih selama perjalanan tersebut. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran selama perjalanan jarak jauh. Misal, memilih kegiatan outdoor seperti berkemah bersama keluarga dibandingkan dengan menginap di hotel, jika Anda bersedia.

Baca juga : Tips Mengantisipasi Kemungkinan Kendaraan Mogok di Jalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here