Liburan memang bisa dilakukan dengan cara apapun, salah satunya adalah dengan camping. Menyenangkan bila bisa menikmati alam dan merasakan bagaimana suasana yang sesungguhnya. Camping dengan mobil umumnya membutuhkan banyak persiapan karena ada beragam kebutuhan yang wajib dipersiapkan bahkan sebelum berangkat.

LAKUKAN PENGECEKAN PADA MOBIL

Selalu cek mobil Anda sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Pengecekan dapat dimulai dari kondisi mesin apakah ada bunyi-bunyi yang tidak wajar atau performa dari mesin itu sendiri. Tekanan ban wajib diperiksa, tak terkecuali ban serep. Lampu mobil mulai dari lampu utama, lampu sein hingga lampu kabut juga patut untuk diperiksa satu per satu. Jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan darurat seperti dongkrak dan sebagainya agar dapat bersiap ketika ada masalah di jalan.

BAWA BAHAN BAKAR CADANGAN

Kamping tentu memiliki tujuan yang jauh dari keramaian kota. Kemungkinan untuk kehabisan bensin juga cukup besar. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membawa jerigen berisi bensin cadangan. Tak perlu terlalu banyak, cukup 5-10 liter saja. Bahan bakar juga akan membantu Anda untuk menyalakan api unggun yang semakin menghangatkan suasana camping bersama keluarga. Jangan lupa untuk membawa tabung pemadam kebakaran demi keselamatan.

IKAT KUAT SETIAP BARANG BAWAAN

Bila Anda menempatkan barang bawaan di luar mobil tanpa box khusus, sebaiknya ikat dengan kuat barang bawaan Anda. Pastikan bobot barang bawaan tidak terlalu berat bila Anda menempatkannya di atap mobil. Sangat dianjurkan untuk memasang roof box dan menempatkan barang bawaan Anda di dalamnya. Bila tidak ada roof box, gunakan terpal dan ikat yang kencang agar barang Anda tidak basah.

PERSIAPKAN PERALATAN KETIKA HUJAN

Cuaca mungkin bisa diperkirakan, namun beberapa tempat seperti pegunungan memiliki cuaca yang justru tidak terduga. Bisa saja cuaca yang semula panas dalam waktu beberapa jam saja berubah menjadi hujan deras. Oleh karena itu, persiapkan peralatan camping khusus untuk kondisi hujan. Jas hujan dan payung menjadi hal wajib. Perhatikan juga kondisi tenda apakah ada lubang atau sobek. Jadi pastikan Anda membawalah selotip sebagai langkah preventif.

MEMBAWA BANYAK MAKANAN DAN MINUMAN

Di tempat camping biasanya jarang ada yang menjual makanan. Meskipun ada yang menjualnya, kadang harganya sedikit mahal dari biasanya. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membawa banyak makanan. Stok makanan ringan juga penting untuk mengusir rasa lapar selama perjalanan menuju ke lokasi camping.

Baca juga : 5 CARA MENGATUR UANG SELAMA PERJALANAN JAUH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here