Pengemudi wanita berpotensi membahayakan saat mengemudi terutama terjadi pada wanita yang baru bisa mengendarai mobil. Tidak hanya membahayakan diri sendiri, resiko ini juga dapat membahayakan pengguna jalan lainnya. Wanita biasanya lebih cepat panik bila mengalami kejadian saat sedang berkendara. Dampak dari kepanikan tersebut bisa sangat berbahaya seperti salah menginjak pedal rem tetapi karna reaksi panik yang di injak bukan pedal rem melainkan pedal gas.

Selain itu, beberapa kebiasaan wanita yang biasa dilakukan saat berkendara dan kebiasaan ini bisa menjadi hal yang membahayakan. Berikut merupakan tips untuk wanita agar lebih aman dan nyaman saat berkendara.

JAGA POSISI DUDUK

Pastikan posisi duduk Anda sudah terasa nyaman sehingga bisa mengemudi dengan mudah. Posisi kursi pengemudi yang ideal adalah jangan terlalu jauh (karena akan menyulitkan Anda untuk menginjak pedal gas, rem atau mengoperasikan fitur lainnya), tapi juga jangan terlalu dekat (karena akan menyulitkan Anda untuk bergerak leluasa).

SELALU WASPADA

Ketika berkendara, pastikan semua pintu terkunci sempurna. Jangan mudah tertipu oleh modus ban bocor atau semacamnya. Ada pula modus yang melempar telur di kaca depan sehingga memaksa Anda untuk berhenti. Jika hal-hal tersebut terjadi, jangan keluar mobil. Tenangkan diri dan teruslah berkendara dengan pelan seraya meminggirkan mobil lalu berhentilah di tempat yang ramai. Lebih baik jika Anda berhenti di pos atau kantor polisi.

SEDIAKAN PERALATAN PENTING

Pastikan baterai smartphone Anda selalu penuh sehingga Anda bisa menelepon untuk meminta tolong dengan mudah. Oleh sebab itu siapkan selalu charger di dalam mobil. Tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan beberapa alat pengaman seperti taser listrik, semprotan merica (pepper spray) atau tongkat baseball. Lebih baik jika Anda memiliki lebih dari satu benda sehingga Anda bisa menyimpannya di dalam tas dan di dalam dua glove box.

TETAP FOKUS DAN RELAX

Konsentrasi pada kondisi jalan sangatlah penting tapi bukan berarti Anda harus berkendara dengan tegang. Cobalah sedikit santai. Manfaatkan sistem hiburan yang ada pada mobil sehingga Anda bisa mendengarkan lagu favorit. Dilengkapi fitur arm rest untuk pengemudi sehingga membuat perjalanan Anda terasa lebih nyaman.

Itulah rahasia mengemudi aman bagi wanita. Anda yang wanita, jangan lupa untuk selalu lakukan hal-hal tersebut di setiap perjalanan dan tak lupa berbagi tips tersebut dengan sesama pengemudi wanita lainnya. Intinya, kunci dari keselamatan dan keamanan pengemudi wanita adalah selalu siaga dan jangan mudah panik.

Baca juga : CARA MERAWAT WIPER MOBIL SUPAYA AWET DAN BEKERJA MAKSIMAL

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini