Pernahkah kamu memperhatikan keberadaan kaca di atap mobil? Ternyata ada beberapa jenis kaca atap mobil, yaitu sunroof, moonroof, dan panorama roof. Ada banyak orang di luar sana yang meskipun mengaku penggemar otomotif, namun tetap saja tidak bisa membedakan antara mana yang sunroof, moonroof, serta panorama roof.

Pada dasarnya, ketiga jenis kaca atap memiliki fungsi yang sama persis, yakni agar penumpang dapat menikmati pemandangan di luar mobil. Namun bila dilihat dari segi cara kerja, masing-masing memiliki perbedaan yang sangat jelas. Lalu, apa yang membedakan dari tiga jenis tersebut?

SUNROOF

Jenis pertama adalah sunroof. Model kaca atap ini merupakan kaca yang bila dibuka mampu membentuk sudut tertentu atau naik menuju ke atas atap. Kaca atap dapat keluar sehingga udara bisa masuk melalui sunroof. Sistem ini dahulu digunakan sebagai teknologi ventilasi bus kota, dimana udara dapat mengalir bebas melalui ventilasi tersebut.

MOONROOF

Jenis atap yang kedua adalah moonroof. Sebenarnya moonroof tidak jauh beda dengan sunroof. Perbedaannya hanya rel yang mengarahkan atap bergerak ke arah mana. Bila sunroof mengangkat kaca, sebaliknya, moonroof justru memasukkan kaca ke dalam atap sehingga tidak mengganggu aliran udara. Kaca seperti ini terkadang rawan macet. Dan ketika macet, sulit untuk diperbaiki. Oleh karena itu, kaca ini biasa digerakkan secara otomatis dengan tombol tertentu sehingga tidak membuat rel mudah macet.

PANORAMA ROOF

Jenis atap terakhir adalah panorama roof. Jenis kaca atap ini sering juga disebut sebagai panoramic roof. Model ini menggunakan ukuran kaca yang cukup besar, bahkan hampir sebesar atap mobil itu sendiri. Lalu kaca tersebut tidak bisa bergerak, yang bergerak justru atap yang ada di bawahnya. Dengan begitu, penumpang dapat memilih suasana pemandangan yang disukai.

Baca juga : TIPS PENTING SAAT BERLIBUR CAMPING DENGAN MOBIL

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini