Transmisi manual atau yang juga dikenal sebagai manual gearbox, transmisi standar, atau stick shift, merupakan sistem transmisi kendaraan bermotor multi speed, dimana penggantian gigi harus dilakukan oleh pengemudi secara manual dengan cara mengoperasikan stik gigi dan kopling.

Menyetir mobil manual di tanjakan itu susah. Perlu latihan yang banyak agar berpengalaman dan, sehingga mudah saat menyetir di tanjakan. Berikut ini adalah cara menyetir mobil manual di tanjakan.

Jangan panik

Anda memang harus matang secara psikologi supaya Anda tidak panik saat melewati jalan-jalan yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Contohnya seperti saat Anda disalip kendaraan lain atau mundur saat menanjak. Anda harus tenang saat Anda menghadapi hal-hal seperti ini supaya Anda bisa menentukan langkah yang akan Anda ambil untuk membuat mobil berhenti dan tidak membuat kendaraan di belakang Anda tertabrak.

Gunakan rem tangan

Lalu Anda bisa langsung menarik rem tangan agar mobil berhenti. Rem kaki dan kopling terbilang kurang efektif dan dapat membuat kaki pegal. Cara yang satu ini juga cukup baik digunakan saat Anda sedang berada di jalan yang macet. Gunakan rem tangan dan hindari penggunaan rem kaki.

Atur berjalan maju

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah masukkan kopling ke gigi 1 dan menginjak pedal gas sambil mengangkat pedal kopling secara perlahan supaya mobil maju. Anda mungkin akan merasakan kalau mobil Anda cukup berat karena rem tangan yang masih digunakan.

Berjalan maju

Anda harus menginjak gas dan menurunkan rem tangan secara perlahan. Gunakan gigi sedang kalau Anda sedang melewati tanjakan yang tidak terlalu curam tapi Anda harus menggunakan gigi yang rendah saat Anda melewati jalanan yang curam.

Cara Menyetir Mobil Manual di Turunan

Tidak hanya tanjakan, menyetir mobil manual di turunan juga susah. Agar lancar, Anda bisa ikuti cara menyetir mobil manual di turunan ala Wuling ini.

Gunakan gigi rendah

Anda harus menggunakan gigi rendah, seperti gigi 3 saat Anda melewati jalan yang menurun melandai. Namun kalau turunannya tajam maka Anda harus menggunakan gigi 2. Hari ini Anda lakukan supaya mobil tidak berjalan terlalu cepat karena adanya rem mesin yang membuat putaran menjadi tidak terlalu tinggi. Jangan gunakan gigi tinggi seperti gigi 4 atau 5 supaya mobil tidak berjalan terlalu cepat.

Gunakan rem mobil

Rem mobil bisa Anda gunakan supaya mobil tidak kepanasan dan blong. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan saat berada pada jalan yang menurun dan bisa membahayakan pengendara lain di jalanan.

Baca juga : 4 Penyebab Pintu Mobil Tidak Bisa Dikunci dengan Remote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here