Throttle body adalah bagian dari sistem air intake yang mengontrol jumlah udara mengalir ke ruang bakar mesin. Pada mobil bermesin karburator, bagian ini terdiri dari unit housing berisi butterfly valve yang berputar pada poros. Untuk membuka dan menutupnya, bagian ini dihubungkan melalui kabel menuju pedal gas dan vakum mesin. Semakin kuat pengemudi menekan gas, maka akan semakin banyak udara masuk. Membuat bahan bakar yang mengalir juga semakin banyak sehingga mobil bisa melaju dengan cepat

Untuk mobil dengan mesin fuel-injection ditambahkan throttle position sensor dan air-flow sensor yang melaporkan ke ECU bahwa pengemudi telah menginjak gas. Sensor mendeteksi udara masuk dan mengirim pesan ke komputer mobil untuk meningkatkan jumlah bahan bakar yang dipasok oleh injektor agar rasio antara keduanya tetap seimbang.

Mengenali berbagai penyebabnya bisa membantu Anda untuk menjadi waspada. Beberapa tanda dan penyebab komponen bermasalah seperti berikut ini.

Kondisi Idle yang Terasa Tidak Stabil

Jika saat menyalakan kendaraan kemudian mesin idle, mobil Anda terasa seperti melompat-lompat dan mengeluarkan suara aneh. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh kondisi throttle body kotor. Mesin mobil paling sensitif saat idle, sehingga sangat mudah mengenali kondisi kendaraan ketika sedang tidak baik pada saat ini. Throttle body yang kotor bisa dikarenakan penggunaan bahan bakar dengan kualitas rendah secara terus-menerus. 

RPM mobil juga bisa sangat rendah menyebabkan kendaraan mati. Kotoran yang menumpuk menyebabkan valve atau katup tidak bisa membuka dengan sempurna sehingga udara yang masuk tidak maksimal. Jika ingin membersihkannya, Anda harus membawa kendaraan ke bengkel Auto2000 untuk melakukan pengecekan bersama ahlinya.

Gaya Mengemudi Agresif

Throttle body mengatur campuran antara udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin. Throttle body bermasalah dapat mengacaukan campuran keduanya, menyebabkan masalah saat berakselerasi. Jika Anda merasakan mobil memiliki akselerasi tidak merata seperti terkadang cepat dan terkadang lambat, mobil mungkin memiliki throttle body bermasalah. Terutama jika sebelumnya gaya mengemudi Anda begitu agresif dan kasar. Masalah ini semakin mungkin terjadi.

Misfires

Misfires terjadi baik ketika campuran udara-bahan bakar tidak sempurna atau ketika percikan dari busi sangat lemah. Ini adalah tanda pembakaran tidak sempurna di dalam ruang bakar. Throttle body bermasalah dapat mengacaukan campuran udara-bahan bakar serta dapat menyebabkan mesin mengalami kemacetan. Misfire paling mudah dikenali ketika ada hentakan kecil saat menghidupkan mesin. Masalah ini mudah dijumpai pada kendaraan usia tua.

Baca juga : Tips Belajar Mobil Manual untuk Wanita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here