Terkadang sebuah mobil akan mengalami sebuah gangguan yang menyebabkan transmisi mobil dengung. Gangguan ini seringkali membuat pengemudi mobil harus berusaha lebih keras dan kesulitan ketika hendak memindahkan gigi. Padahal seharusnya hal tersebut dapat dilakukan dengan sangat lancar.

ransmisi merupakan bagian yang sangat penting bagi kendaraan bermotor, termasuk mobil. Hal ini dikarenakan transmisi merupakan penyalur tenaga dari mesin ke roda agar mobil dapat berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan sang pengemudi.

Seperti yang kita ketahui, ada dua jenis transmisi pada mobil, yaitu manual dan otomatis. Transmisi manual biasanya akan dikendalikan dengan kopling dan harus dijalankan secara manual oleh pengemudi. Di sisi lain, mobil dengan transmisi otomatis dapat AutoFamily jalankan tanpa harus mengatur gigi.

Seperti komponen mobil lainnya, transmisi juga bisa bermasalah jika memperlakukannya dengan buruk. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang membuat transmisi mobil dengung.

Kurang Oli

Penyebab paling umum dari transmisi mobil dengung adalah oli yang tidak mencukupi. Hal tersebut dapat menyebabkan roda gigi atau komponen yang berhubungan dengan transmisi berbunyi. Komponen-komponen tersebut biasanya akan saling bertabrakan karena mekanisme penggeraknya terhambat akibat kurang kuatnya dorongan dari oli transmisi.

Overheating

Overheat pada transmisi juga menjadi salah satu penyebab transmisi mobil dengung. Jika AutoFamily tiba-tiba menghirup bau oli terbakar, hal ini biasanya dikarenakan transmisi secara alami mengalami overheating dan harus dilumasi. Peran pelumas pada intinya tidak hanya untuk membantu kelancaran pergerakan elemen, tetapi juga untuk menjaga kestabilan suhu komponen.

Mesin Telat Merespons

Transmisi mobil dengung saat pedal gas diinjak dan responnya sangat lambat bahkan berjalan tidak normal menandakan ada sesuatu yang tidak normal pada mesin mobil AutoFamily. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena drive plate atau plat kopling mobil Toyota kesayangan AutoFamily sudah sangat tipis kalau mobil Anda menggunakan transmisi manual. Jika mobil Anda menggunakan transmisi otomatis, kemungkinan besar hal ini terjadi karena kinerja body valve sudah melemah.

Masalah Pada Sambungan Penggerak Roda Belakang

Penggerak roda belakang yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat menyebabkan transmisi mobil dengung, terutama jika kopling yang dipasang memiliki kualitas yang buruk. Kegagalan fungsi sambungan memungkinkan poros untuk melentur secara tidak benar dan menyebabkan transmisi mobil dengung dan getaran saat memindahkan gigi.

Kopling Sudah Aus

Kendaraan yang menggunakan transmisi manual umumnya memiliki kopling untuk melakukan pindah gigi. Kopling yang terus digunakan atau sudah aus juga bisa menjadi hal yang menyebabkan transmisi mobil dengung. Oleh karena itu, perawatan mobil secara berkala sangat disarankan untuk mengetahui kualitas setiap komponen pada kendaraan yang masih layak pakai, termasuk kopling.

Baca juga : Honda Civic RS Tampil Menjadi Safety Car di Acara Mandalika Track Day 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here