Apa saja yang perlu diperhatikan saat mencuci mobil sendiri? Anda harus menggunakan alat dan sabun yang sesuai alias khusus untuk mobil. Penggunaan semua hal yang tidak tepat sudah pasti akan mengakibatkan kerusakan. Selain itu ada teknik mencuci yang harus dilakukan supaya mobil bersih dari kotoran dan tidak meninggalkan bekas lecet. Tanpa berlama-lama lagi langsung saja simak baik-baik tipsnya berikut ini. 

Hindari Mencuci Mobil di Bawah Sinar Matahari

Mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung sangat tidak dianjurkan. Kondisi ini akan menjadi lingkungan yang cocok bagi jamur untuk bertumbuh pada badan mobil. Tentu Anda tidak mau jamur bertumbuh, bukan? Mencuci mobil di tengah teriknya sinar matahari sering kali tidak disadari. 

Padahal tindakan ini akan sangat membahayakan kendaraan Anda. Cuci mobil Anda di teras rumah yang memiliki atap. Jika tidak memiliki cukup ruang untuk bergerak barulah gunakan area luar rumah. Namun Anda hanya bisa mencucinya di sore hari agar jamur tidak bertumbuh. 

Lakukan pengecekan ulang untuk bagian-bagian yang rawan menjadi tempat penampungan air seperti gagang pintu, pinggiran lampu, sela-sela krom, dan bagian lainnya. Lap semua bagian badan mobil supaya mengering sempurna. Anda bisa menyalakan mesin mobil untuk membuat getaran sehingga air terjatuh ke bawah. 

Jangan Menurunkan Kaca Hingga Mobil Kering

Ada lagi tindakan yang sering dilakukan saat mencuci mobil di rumah yaitu menurunkan kaca jendela ketika belum mengering sempurna. Tindakan seperti ini akan menciptakan flek dan kerak air yang membekas di kaca jendela mobil. Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena akan mengakibatkan karat yang berdampak pada penurunan kinerja mesin. 

Gerakan Mencuci Harus dari Atas ke Bawah

Mencuci mobil dilakukan dengan menggerakkan tangan Anda dari atas ke bawah. Jangan lakukan gerakan sebaliknya atau memutar karena berpotensi membuat debu dan kotoran tertinggal. Memang akan memakan waktu yang lebih lama dari biasanya tetapi hal ini layak dilakukan supaya kendaraan bersih dari semua kotoran. Jangan menggunakan tenaga yang besar supaya badan mobil tidak lecet dan tergores. 

Gunakan Sabun Cuci Khusus Mobil

Banyak orang menggunakan sabun apa saja yang ada di rumah untuk mencuci mobil. Alasannya karena tidak sempat membeli sabun khusus atau memang berniat menggunakan sabun apa pun. Padahal penggunaan sabun yang sesuai akan membantu merawat warna cat dan menghindarkan badan mobil dari goresan. 

Selain sabun, Anda perlu memperhatikan air yang digunakan. Penggunaan air PAM sebenarnya sah-sah saja. Tetapi akan lebih baik jika Anda menggunakan alat filter untuk menyaring semua kotoran yang ada di dalamnya.

Pakai Dua Ember Sekaligus

Penggunaan dua ember memiliki tugas untuk memisahkan kotoran yang ada di air sabun dan air bersih. Mobil kesayangan Anda pasti akan mengilap ketika semua kotoran terbilas dengan air bersih. 

Semoga tips mencuci mobil sendiri yang baru saja dijelaskan dapat membantu Anda membersihkan mobil secara menyeluruh. Mencuci mobil harus dilakukan secara berkala supaya kotoran dan debu yang menempel tidak sulit dibersihkan pada kemudian hari. Hal ini sama seperti mesin kendaraan yang perlu diservis dalam periode waktu tertentu secara konsisten. 

Baca juga : Fungsi Timing Belt pada Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here