Power steering merupakan teknologi yang dapat mempermudah para pengendara untuk bermanuver karena usaha memutar roda kendaraan bisa menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu lagi memutar kemudi terlalu banyak hanya ketika ingin melakukan manuver berbelok. Hanya perlu sedikit usaha saja, maka roda kendaraan sudah berada pada arah yang diinginkan.

Sistem kerja power steering juga didukung oleh berbagai komponen lainnya. Salah satunya pompa power steering. Pompa ini memastikan cairan mencapai sistem power steering mobil. Bagian ini terdiri dari rotor berlubang yang berputar dan memungkinkan cairan masuk ke pompa.

Jika cairan sudah memasuki rotor, maka ia terus berputar dan memindahkan cairan menuju releasing port. Pada titik ini, cairan memasuki reservoir dalam sistem power steering untuk membantu roda kemudi menerapkan jumlah tekanan yang tepat agar memutar roda dengan lancar.

Munculnya Suara Ketika Memutar Setir

Jika terdengar suara mendengung ketika Anda memutar setir, mungkin ada kebocoran pada pompa power steering. Cairan yang diperlukan berkurang dengan drastis sehingga menghasilkan bunyi ini. Ini merupakan kondisi yang ingin dihindari oleh semua pengendara. Sangat disarankan memeriksa level cairan pada pompa dengan teknisi ahli.

Roda Kendaraan Kurang Merespon

Jika memutar setir kendaraan, maka sudah seharusnya roda bergerak menuju arah yang diinginkan. Jika Anda melihat bahwa kemudi mobil memiliki respon lebih lambat dari biasanya, pompa power steering mungkin rusak.

Setir Terasa Berat dan Kaku

Pada keadaan normal, setir tentu akan terasa sangat ringan sehingga Anda bisa bermanuver dengan mudah. Namun ketika setir terasa berat dan kaku, maka bisa dikatakan pompa pada steering wheel ada pada kondisi yang tidak bagus.

Ada Cairan Bocor Di Bawah Mobil

Pompa power steering memiliki segel untuk mencegah cairan keluar. Namun jika Anda melihat ada tanda-tanda kebocoran dan kemudian merasakan berbagai macam hal lainnya seperti yang di atas, maka waspadalah. Bisa saja cairan ini berasal dari pompa steering wheel yang mengalami kebocoran sehingga level cairannya berada di bawah batas normal.

Kendaraan Mengeluarkan Suara Keras

Jika Anda mendengar suara apapun yang tidak biasanya dikeluarkan kendaraan, maka bisa dipastikan ada suatu masalah pada kendaraan. Agar bisa lebih yakin, sangat disarankan mengunjungi bengkel resmi mobil Anda agar dapat diperiksa oleh ahlinya.

Baca juga : Cara Menyetir Mobil Manual di Tanjakan

Bayangkan jika bagian ini mengalami kerusakan, pasti sulit sekali bagi Anda untuk bisa berkendara. Oleh karena itu, mari mengenal apa saja ciri-ciri ketika bagian pompa power steering mengalami kendala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here