Apabila dinamo starter mobil mengalami kerusakan, tentu akan menghambat mobilitas Anda. Jika mobil tidak bisa nyala tentu akan memicu munculnya kerusakan di berbagai komponen mobil yang lainnya. Bahkan bisa membuat mobil mati mendadak di tengah jalan dan hal ini pastinya akan sangat merepotkan Anda.

Bagian dinamo starter mobil yang rusak sebetulnya sangat mudah untuk dideteksi, karena ada berbagai tanda atau ciri ciri yang menjadi indikasi yang akurat. Pastikan Anda memperhatikan berbagai ciri kerusakan dinamo starter yang akan dijelaskan di bawah ini.

Bunyi Mendesing dan Gemeretak

Adanya sebuah bunyi yang gemeretak biasanya diakibatkan dari adanya kaitan antara gigi pada gear pinion dengan gigi yang terdapat pada ring gear mesin. Ketika Anda menemukan 2 gear pada dinamo starter itu rusak atau aus, tentu akan menimbulkan suara yang gemeretak.

Pada saat suaranya semakin keras, itu tandanya kerusakan yang terjadi sudah sangat parah. Faktor lain yang sering terjadi yaitu munculnya suara yang sangat mendesing ketika mobil distarter atau mulai dihidupkan. Biasanya bunyi yang mendesing akan terjadi saat bearing one way yang ada di bagian pinion gear mengalami kerusakan.

Mesin Sulit Untuk Distarter Dalam Kondisi yang Panas

Ciri lain dari sebuah dinamo starter mobil yang rusak yaitu membuat mesin menjadi sangat sulit untuk distarter dalam kondisi mobil yang habis dipakai sebentar atau masih dalam kondisi yang panas. Ketika mobil dibiarkan terparkir dalam waktu yang cukup lama atau mesin dingin, maka mesin akan lebih mudah untuk dinyalakan dan mesin tidak akan menunjukkan gejala apapun. Dengan begitu mobil bisa dipakai dengan lancar dan aman.

Mobil Tak Bereaksi Saat di Starter

Ketika adanya reaksi dari sebuah dinamo starter, maka hal tersebut bisa menjadi pertanda kalau dinamo starter sudah mengalami kerusakan karena tidak kuat memutar mesin. Kemungkinan terbesar penyebab kerusakan adalah putusnya sekering di bagian dinamo.

Sekring yang terputus biasanya akan menandakan bahwa jalur kelistrikannya akan mengalami korsleting atau hangus terbakar. Kondisi tersebut biasanya akan memicu munculnya carbon brush dan gulungan tembaga yang biasanya akan ikut terbakar.

Baca juga : Mengenal Fungsi dan Jenis Fuel Pump pada Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here