Sama seperti komponen mobil lainnya, kopling juga bisa mengalami kerusakan kalau terlalu sering digunakan. Jika hal ini terjadi, biasanya kopling akan memiliki fungsi yang berkurang dan bisa membahayakan diri kamu saat berkendara. Saat kopling menunjukkan gejala kerusakan maka kamu harus langsung menggantinya. Berikut adalah beberapa ciri yang harus kamu ketahui saat kopling harus segera diganti.

Kopling Harus Diganti Saat Akselerasi Mesin Terasa Menurun

Ciri-ciri kopling harus diganti adalah saat akselerasi mesin terasa menurun. Saat kampas kopling habis, tenaga yang dihasilkan dari rotasi mesin biasanya tidak akan tersalurkan dengan baik kepada transisi. Hal ini biasanya akan membuat mesin berdecit saat kamu menginjak pedal gas. Kalau kamu merasakan hal itu pada mobil kamu, kamu harus langsung memeriksanya dan melakukan penggantian kampas kopling.

Pedal Kopling Mobil Tampak Lebih Tinggi

Ciri lainnya dari kopling yang harus segera diganti adalah pedal kopling yang lebih tinggi daripada pedal lainnya. Hal ini bisa dilihat pada mobil manual di mana jarak injakan nya menjadi lebih pendek. Bukan hanya pedal kopling yang menjadi lebih tinggi, gigi kopling juga bisa menipis sehingga pedal naik tiba-tiba. Kalau kamu merasakan mobil kamu memiliki ciri-ciri ini, kamu harus langsung datang ke bengkel untuk mendapatkan penggantian kopling.

Tercium Bau Hangus Tanda Kopling Mobil Harus Diganti

Adanya bau hangus juga menjadi ciri di mana kamu harus segera mengganti kopling. Kampas kopling yang aus bisa menyebabkan gesekan dan terbakar sehingga menimbulkan bau hangus. Kampas kopling bisa lebih mudah terbakar saat melewati tanjakan atau turunan yang tajam. Hal ini karena kondisi ini membuat perpindahan transmisi menjadi lebih intens sehingga menimbulkan gesekan yang lebih tinggi. Kondisi ini sering terjadi pada kopling dengan transmisi manual.

Saat Pindah Perseneling Terasa Berat

Ciri selanjutnya adalah melihat perpindahan persneling. Seharusnya kamu bisa melakukan perpindahan persneling dengan mudah ketika kondisi kopling berada dalam kondisi yang normal. Namun saat kampas kopling habis maka mesin akan berputar tanpa henti dan hal ini akan mempersulit transmisi untuk terhubung sehingga akan membuat persneling lebih sulit untuk dipindahkan.

Kopling Mobil Los

Ciri lainnya adalah saat kopling los. Kopling kendaraan bisa jebol karena rusaknya master kopling. Jika master kopling ini tidak bekerja dengan baik maka kopling bisa jebol. Masalah yang terdapat pada minyak kopling juga bisa membuat kopling menjadi jebol.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kerak pada Cat Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here