Pada bagian mobil terdapat komponen yang bernama fuel pump. Adapun fuel pump pada mobil adalah komponen kendaraan yang bertanggung jawab atas sistem injeksi dan atau karburator, yang secara konstan membantu bahan bakar mobil dapat bersirkulasi.

Secara umum, pada mobil dan motor, fungsi fuel pump itu hanya satu, yakni memompa bahan bakar dari tangki. Bahan bakar yang berada di dalam tangki akan dipompa untuk dialirkan ke arah ruang pembakaran. Pada saat inilah bahan bakar diubah menjadi energi yang berguna dalam menghidupkan mesin kendaraan. Namun, fungsinya berkembang menjadi lebih banyak ketika dihadapkan pada jenis kendaraan.

Dalam dunia otomotif, berdasarkan jenis mobil, fungsi fuel pump terbagi dua. Pada jenis kendaraan dengan sistem injeksi, fuel pump berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki ke injektor. Sedangkan pada jenis kendaraan dengan sistem karburator , fuel pump memompa bahan bakar yang ada di tangki ke karburator.

Jenis Fuel Pump

Jenis fuel pump pertama adalah fuel pump mekanis. Penggerak pada fuel pump mekanis pada mesin diesel adalah putaran mesin yang tersambung kepada belt. Pada mesin mobil lainnya, pergerakan komponen ini adalah mekanisme camshaft yang letaknya ada pada silinder head.

Jenis fuel pump kedua ialah fuel pump elektrik. Ada pun jenis fuel pump ini memakai motor listrik yang penggeraknya adalah aliran listrik yang menuju motor penggerak. Jenis komponen ini terbagi lagi menjadi 2 subjenis, yakni model yang memakai diafragma dengan platina dan model biasa yang banyak ditemukan di mobil dengan sistem injeksi.

Baca juga : Honda Kenalkan Brio RS Urbanite Edition Sebagai Official Car Clerk of the Course untuk ISSOM 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here