Dinamo starter adalah bagian penting dalam sebuah mobil, karena bisa membantu efisiensi saat menghidupkan mobil. Jika dinamo mobil sudah mulai lemah, tentu akan membuat mobil sulit untuk dihidupkan.

Ketika Anda menemukan starter mobil yang tiba-tiba rusak tentu akan sangat sangat menyulitkan dan membingungkan. Setidaknya ada beberapa penyebab yang biasanya menjadi faktor penting kerusakan pada starter mobil.

Dinamo Dipaksa Bekerja

Dinamo starter rusak bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan salah satunya akibat terlalu memaksakan kerja dinamo padahal mesin tidak bisa menyala. Jika kerja dinamo terus dipaksakan, maka akan membuat dinamo starter cepat rusak.

Ketika Anda memaksakan kerja dari dinamo, maka akan membuat dinamo menjadi panas dan saat kondisi dinamo panas, maka berpotensi membakar berbagai komponen lain yang ada di mesin. Pastikan memberikan waktu hingga beberapa menit dan silahkan coba kembali.

Bagian Carbon Brush di Dinamo Starter Sudah Habis

Hal lain yang bisa menyebabkan dinamo starter menjadi tidak dapat berfungsi atau rusak yaitu akibat habisnya carbon brush yang berada di bagian dinamo starter. Ada berbagai tanda yang muncul saat dinamo starter sudah mulai habis yaitu putaran dinamo yang seringkali melemah dan biasanya memunculkan suara yang aneh saat mobil di starter.

Ketika Anda merasa ada sebuah permasalahan dengan dinamo starter mobil, Anda bisa memeriksa carbon brush. Jika bagian tersebut sudah tidak memungkinkan lagi, maka harus segera menggantinya dengan yang baru.

Aki Mobil yang Bermasalah

Penyebab terakhir yang biasanya menjadi kendala starter mobil tidak berfungsi adalah adanya permasalahan di bagian aki mobil. Pada dasarnya, aki mobil merupakan bagian yang paling penting yang menunjang kelistrikan pada suatu mobil.

Ketika adanya permasalahan di bagian aki mobil, maka starter tidak akan berfungsi dengan baik dan hal ini biasanya disebabkan akibat lemahnya suplai listrik dari aki ke bagian dinamo mobil.

Baca juga : Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak atau Lemah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here