Panas terik dan hujan yang silih berganti akhir-akhir ini tidak bisa diprediksi; pagi panas, siang hujan dan sore menjelang malam kembali panas. Bahkan di kondisi panas terik, tapi tetap timbul hujan yang cukup deras. Ternyata, hal ini juga dapat mengganggu kondisi kendaraan, antara lain timbulnya jamur kaca mobil akibat tetes hujan yang cepat mengering sebelum sempat dibersihkan.

Kaca adalah komponen penting karena mempengaruhi visibilitas dalam berkendara, bila ada kotoran atau bahkan jamur yang menempel pada kaca, akan sangat mengganggu kenyamanan berkendara Anda. Berikut ini penjelasan artikel autotips selanjutnya tentang beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jamur kaca mobil secara benar dan efektif.

Memakai Baking Soda

Bubuk kristal putih atau biasa dikenal sebagai baking powder adalah penghilang jamur pada kaca mobil yang efektif. Metode penghilangan jamur dengan bahan ini tidak beracun dan tidak membahayakan manusia. Bahan ini tidak hanya secara efektif menghilangkan jamur tetapi juga menyerap sisa kelembaban yang mendorong pertumbuhan jamur.

Gunakan Pembersih Jamur Kaca Khusus Mobil

Namun, bila jamur sudah membandel pada kaca, tentu saja harus dibersihkan secara khusus. Bila ingin membersihkan sendiri, tanpa ke ‘salon’ mobil, maka harus perhatikan beberapa hal. Antara lain adalah bahan atau kompon yang digunakan, jangan sampai kaca depan seharusnya bebas jamur, justru lecet karena penggunaan bahan yang salah dan penekanan saat membersihkan juga terlalu keras.

Menggunakan Minuman Soda

Apabila tidak menemukan obat jamur kaca mobil, minuman soda juga ternyata ampuh menghilangkan jamur kaca mobil Anda. Caranya, bersihkan kaca mobil hingga kering menggunakan kain. Selanjutnya basahi kain berbahan lembut atau pasta gigi dengan air soda, lalu gosokkan ke kaca mobil yang terkena jamur secara lembut.

Aplikasikan Pasta Gigi

Gunakan pasta gigi di rumah Anda untuk menghilangkan jamur kaca mobil. Ini salah satu acara alami yang cukup ampuh. Karena adanya kandungan zat dalam pasta gigi yang mampu menghilangkan jamur tersebut.

Cukup Anda oleskan pasta gigi pada bagian kaca mobil yang terkena jamur, lalu diamkan sampai mengering. Setelah kering, bilas pasta gigi menggunakan sikat atau kain lembut dengan air dan segera keringkan dengan kain lainnya.

Memakai Cuka Apel

Terakhir adalah menggunakan cuka apel. Caranya, campurkan 3 sendok cuka apel dengan 1 liter air. Setelah itu celupkan kain yang lembut ke dalam campuran tersebut. Selanjutnya, gosokkan kain pada bagian yang terkena jamur hingga benar-benar hilang. Setelah jamur tersebut hilang, langsung keringkan dengan kertas koran segera. Anda akan melihat tidak ada lagi jamur yang menempel di kaca mobil.

Baca juga : Ini Tips Jitu Merawat Motor Injeksi Untuk Pemula

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here