Roda depan mobil yang bekerja dengan normal sudah seharusnya tidak menimbulkan suara gesekan tidak lazim. Masalah ini sebaiknya segera diperbaiki karena dapat menimbulkan kerusakan lainnya yang bahkan Anda sendiri tidak akan menyadarinya. Tanpa perlu berlama-lama lagi, ketahui penyebab dari masalah ini agar lebih paham.

Karet Support Shockbreaker Rusak atau Aus

Karet support shockbreaker menjadi salah satu bagian penting dari komponen ini. Seperti yang diketahui, shockbreaker berguna untuk mendukung kinerja kaki-kaki mobil dalam melewati berbagai macam kontur jalan. Karet support ini sendiri letaknya tepat di atas shockbreaker dan langsung tersambung dengan badan mobil.

Karet support shockbreaker yang mengalami kerusakan atau aus dapat menimbulkan bunyi gesekan. Bahkan tidak hanya bunyi gesekan saja, tetapi juga terdengar bunyi benturan lainnya saat mobil melewati jalan tidak rata.

Bushing Lower Arm Rusak

Bushing lower arm berguna sebagai penahan getaran yang diterima dari bagian ban serta mesin mobil. Bentuk komponen ini menyerupai botol dengan pipa besi di bagian atas dan bawah. Bagian depan mobil sendiri memiliki 4 buah bushing. 

Kerusakan yang dialami bushing lower arm memang dapat ditandai dengan terdengar bunyi gesekan. Alasannya karena pelapis komponen ini sudah rusak dan hilang. Akhirnya bushing lower arm langsung bergesekan dengan komponen lainnya.

Shock Absorber Rusak

Shock absorber dapat mengalami kerusakan dengan ditandai kebocoran cairan di bagian dalamnya. Kebocoran ini membuat kinerja shock absorber untuk meredam guncangan berlebihan menjadi tidak maksimal sama sekali. 

Piston di dalam shock absorber dapat menabrak bagian dasar tabung dan bergesekan dengan bagian dinding juga. Kondisi inilah yang akhirnya memunculkan bunyi gesekan pada roda depan mobil.

Ball Joint Rusak

Ball joint berfungsi untuk mendukung roda mobil berbelok karena bentuknya seperti engsel yang mampu berputar hingga 360 derajat. Jika komponen ini rusak, maka bunyi gesekan pada roda depan mobil dapat muncul, khususnya saat pengendara membelokkan setir. Bahkan kerusakan lebih parah seperti setir lebih sulit untuk dikendalikan juga dapat muncul.

Baca juga : Tips Menghilangkan Mabuk Kendaraan saat Perjalan Jauh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here