Belajar menggunakan mobil adalah hal yang menyenangkan. Banyak orang yang memilih untuk belajar mobil menggunakan mobil transmisi otomatis karena kemudahannya. Kemudahan ini dapat diberikan akibat tidak adanya penggunaan kopling sehingga pengemudi hanya perlu menggunakan gas dan rem saja.

Namun ada orang-orang lainnya yang juga memilih untuk menggunakan mobil transmisi manual karena alasan khusus. Mobil transmisi manual pastinya memiliki kopling mobil. Namun ada banyak orang yang masih belum tahu cara menggunakan kopling mobil dengan baik dan benar.

Kopling merupakan perangkat mekanik yang memulai dan memberhentikan transmisi kekuatan, terutama dari drive shaft ke driven shaft. Pada aplikasi ter sederhananya, kopling menghubungkan dan memutus hubungan antara dua shaft yang berotasi.

Pada perangkat ini, salah satu shaft akan terhubung dengan mesin dan unit kekuatan lainnya, sementara shaft lainnya memberikan power output untuk bekerja. Gerakan yang biasa terjadi adalah gerakan rotasi tapi ada juga kopling linear.

Pada kendaraan bermotor, kopling bekerja sebagai penghubung mekanik antara mesin dan transmisi, atau memisahkan mesin dari sistem transmisi. Perangkat ini memutuskan roda penggerak kapanpun pedal kopling ditekan, membuat pengemudi bisa mengganti gigi dengan mudah.

Pada drill yang dikontrol oleh torque, salah satu shaft digerakkan oleh motor dan yang lainnya digerakkan oleh drill chuck. Kopling ini menghubungkan dua shaft supaya mereka bisa terkunci bersamaan dan berputar dengan kecepatan yang sama, dikunci bersamaan tapi berputar dengan kecepatan yang berbeda, atau tidak dikunci dan berputar pada kecepatan yang berbeda.

Baca juga : Honda Civic RS Tampil Menjadi Safety Car di Acara Mandalika Track Day 2022

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini