Kopling merupakan perangkat mekanik yang memulai dan memberhentikan transmisi kekuatan, terutama dari drive shaft ke driven shaft. Pada aplikasi ter sederhananya, kopling menghubungkan dan memutus hubungan antara dua shaft yang berotasi.

Pada perangkat ini, salah satu shaft akan terhubung dengan mesin dan unit kekuatan lainnya, sementara shaft lainnya memberikan power output untuk bekerja. Gerakan yang biasa terjadi adalah gerakan rotasi tapi ada juga kopling linear.

Supaya bisa memiliki kinerja yang maksimal, kopling mobil harus dirawat dengan baik. Merawat kopling dengan baik bisa membuat umur kopling makin panjang. Perawatan pada kopling sebenarnya tidaklah sulit. Kamu bisa mengikuti cara berikut ini untuk merawatnya.

Hindari Penggunaan Setengah Kopling Saat Mengemudi

Kopling merupakan komponen yang berfungsi dalam pengaturan laju kendaraan. Kalau kamu ingin kau ping kamu bisa awet dan berfungsi dengan baik maka kamu harus menghindari menggunakan setengah kopling saat sedang mengendarai mobil. Kebiasaan ini akan membuat kopling lebih cepat aus dan juga akan mempengaruhi keselamatan kamu saat sedang di dalam mobil. Kamu harus menghindari kebiasaan ini dan jika kamu terpaksa harus melakukannya maka kamu harus menunggu saat suhu kopling mulai menurun.

Jangan Paksa Mobil Untuk Menerjang Banjir

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk merawat kopling adalah dengan tidak memaksa mobil kamu melewati banjir. Air bisa masuk ke dalam mesin mobil dan membuat sistem kerja kopling terganggu dan membuatnya cepat rusak. Itulah kenapa kamu harus menghindari banjir kecuali jika kamu sudah memiliki automatic transmission.

Lakukan Pemeriksaan Volume Minyak Rem Secara Berkala

Supaya kopling memiliki performa yang maksimal, kamu harus melakukan pemeriksaan volume minyak rem secara berkala. Kamu harus mencari tahu letak kopling mobil. Contohnya pada mobil manual, pedal kopling ada di bagian kaki kiri, sementara pedal yang ada di tengah merupakan rem, dan pedal yang dikanan adalah pedal gas.

Setelah kamu tahu lokasi dari kopling, kamu harus memastikan kalau volume minyak rem nya normal. Namun jika volumenya berlebih, kamu harus mengurangi nya karena bisa menimbulkan kopling blong. Kalau volumenya kurang, kamu harus langsung menambah supaya kopling tidak selip.

Jangan Membiarkan Mobil Tidak Terpakai Dalam Waktu Lama

Mobil yang lama tidak digunakan bisa mendapat kerusakan di berbagai komponen. Kalau kamu ingin memiliki keping yang nyaman digunakan maka kamu harus sering menggunakannya, bahkan hanya sekedar berkeliling kompleks. Kamu juga harus menggunakan kopling mobil dengan baik supaya lebih awet dan berfungsi dengan baik.

Baca juga : Mengenal Apa Itu Kopling pada Mobil dan Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here