Kerak berasal dari jamur yang menumpuk dalam waktu lama di permukaan cat mobil. Kerak muncul karena berbagai faktor, seperti cuaca lembap, mobil jarang dibersihkan, sisa-sisa air pada cat mobil, dan sebagainya. Selain kerak, kotoran, panas matahari, debu, dan polusi pun mudah menempel pada lapisan terluar cat mobil.

Kerak tidak boleh dibiarkan sampai menumpuk karena bisa menimbulkan kerusakan pada lapisan cat mobil. Apabila dibiarkan, lapisan cat yang terkena kerak ikut terangkat saat dibersihkan sehingga menyebabkan lecet. Akibatnya, Anda harus mengeluarkan biaya perawatan yang lebih besar untuk memperbaiki goresan pada cat mobil tersebut.

Gunakan Lap atau Sikat Lembut

Anda cukup menggunakan perlengkapan sederhana, yaitu lap kanebo atau sikat gigi untuk menghilangkan kerak. Namun, pastikan permukaannya cukup lembut untuk digunakan. Saat membersihkannya, jangan lakukan secara terburu-buru agar tidak muncul baret pada cat mobil. Anda juga harus memperhatikan prosedur pembersihan kerak secara tepat agar tidak membahayakan permukaan cat mobil.

Gunakan Bahan Pembersih yang Sesuai

Banyak sekali bahan pembersih yang berguna untuk mempercepat penghilangan noda-noda kerak. Anda bisa menggunakan sabun atau sampo mobil agar lebih praktis dan bersih sempurna. Ada juga pilihan lain, yaitu menggunakan beberapa bahan dapur seperti air garam atau minyak zaitun. Bahan pembersih tersebut cukup dioleskan pada daerah munculnya kerak pada bodi mobil. Jangan terlalu lama mendiamkannya karena bisa memengaruhi tampilan mobil Anda.

Gunakan Cairan Pengilap Cat Mobil

Langkah ini harus dilakukan agar tampilan cat mobil tetap terjaga setelah bersih dari kerak. Pasalnya, kerak membuat cat mobil lebih kusam, jadi Anda harus mengilapkan cat mobil Anda agar tampilannya kembali kinclong dan cerah. Selain itu, lapisan cat mobil jadi lebih terlindungi dari kotoran yang menempel pada permukaannya. Pilih cairan pengilap cat mobil dan gunakan sesuai instruksi yang tersedia pada kemasannya.

Baca juga : 5 Tips Ampuh untuk Mencuci Mobil Sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here