Mencuci mobil terkadang menjadi suatu hal yang bisa dilakukan sendiri di rumah sambil menghabiskan waktu luang. Akan tetapi Anda tidak bisa mencuci mobil sendiri secara sembarangan, terlebih cuci mobil dengan sabun colek.

Memang sabun colek juga bisa membersihkan kotoran pada mobil, hanya saja ada kandungan tertentu yang tidak aman jika digunakan untuk mencuci mobil secara terus-menerus. Perhatikan efek buruk mencuci mobil dengan sabun colek berikut ini!

Dapat mengikis lapisan pernis pada cat mobil

Mencuci mobil dengan menggunakan sabun colek ternyata bisa membuat mobil Anda cepat kusam, bahkan jika dilakukan dengan terus-menerus bisa membuat cat mobil Anda akan memudar. Sabun colek memang bisa memberikan hasil yang bersih, akan tetapi secara perlahan bisa mengikis lapisan pernis pada cat sehingga bisa memudah dan belang.

Sebenarnya sabun colek itu sendiri digunakan untuk mencuci piring dan gelas yang mampu membasmi lemak sehingga memiliki kandungan asam yang sangat tinggi. Hal ini ternyata bisa berbahaya pada lapisan clear coat cat mobil Anda.

Jika clear coat sering terkikis maka lama-kelamaan bisa hilang. Jika sudah hilang, maka lapisan cat mobil sudah tidak memiliki proteksi terhadap paparan sinar matahari dan cuaca. Inilah yang kemudian bisa menyebabkan warna cat mobil Anda menjadi kusam.

Sil mudah rusak

Efek buruk lainnya yang bisa terjadi jika Anda sering cuci mobil dengan sabun colek adalah bagian sil yang mudah rusak.

Sil mobil terbuat dari bahan karet dan berpotensi cepat rusak jika sering terkena sabun colek. Misalnya saja sil-sil karet yang berada pada kaki-kaki mobil bisa jadi cepat getas dan kurang awet saat Anda sering mencuci mobil dengan menggunakan sabun colek.

Merusak lapisan cat pada velg

Efek buruk lainnya yang bisa terjadi jika Anda mencuci mobil dengan sabun colek adalah bisa merusak lapisan cat pada velg mobil Anda.

Sabun colek memang tidak diperuntukkan untuk mencuci mobil karena bisa mempengaruhi kualitas catnya. Bahkan sabun colek sendiri tidak cocok untuk mencuci area velg, begitu pula dengan penggunaan detergen.

Hal ini dapat merusak lapisan cat pada velg mobil Anda. Untuk itu, Anda bisa menggunakan sabun yang memiliki pH balance karena jika menggunakan sabun colek bisa membuat lapisan cat bisa jadi kuning.

Baca juga : Tanda-tanda Kerusakan Timing Belt yang Perlu Diwaspadai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here