Setiap kendaraan pastinya memiliki busi sebagai salah satu komponen mesinnya. Fungsi dari busi ini sangatlah penting. Busi ini digunakan sebagai salah satu komponen yang dapat membantu proses pengapian pada ruang bakar. Jika busi keramik busi retak, maka bisa dipastikan proses pengapian ini tidak bisa berjalan dengan sempurna.

Keramik busi yang mengalami keretakan seperti ini dapat membuat kebocoran pada aliran listrik. Adanya keramik busi ini berfungsi untuk menjaga aliran listrik pada koil busi ke elektroda bisa terjaga dengan baik. Apabila keramik businya terdapat keretakan bisa menyebabkan arus listrik keluar sebelum mencapai elektrodanya.

Pada saat proses kompresi, yang mulanya busi berfungsi untuk memantik api. Akibat kerusakan tersebut menjadikan tidak bisa berfungsi untuk memantik api. Dengan begitu kompresi yang dibentuk pada ruang bakar tidak bisa terbakar dengan sempurna.

Ketika mesin bekerja, maka busi akan terus menerus terkena panas dari aliran listrik dan juga suhu mesin. Apabila hal dilakukan dalam jangka waktu yang lama, maka keramik busi bisa melemah dan dapat menyebabkan keretakan. Nantinya keramik busi yang mengalami keretakan bisa menyebabkan efek samping tertentu.

Efek samping jika keramik busi retak menyebabkan mesin terasa brebet. Kompresi yang tidak bisa terbakar dengan sempurna inilah yang dapat mengakibatkan mesin mobil Anda brebet. Pada saat mobil brebet seperti ini pastinya akan membuat Anda merasa kurang nyaman saat mengendarainya.

Kemudian putaran mesin seperti ketahanan di rpm tertentu terutama pada saat akselerasi. Hal ini bisa terjadi jika keramik busi mobil Anda yang mengalami keretakan masih tetap digunakan. Untuk mengatasinya dengan cara mengganti keramik busi dengan yang baru.

Keramik busi yang mengalami keretakan tidak hanya bisa terjadi karena faktor usia pakai saja. melainkan juga bisa terjadi karena kesalahan pada saat Anda memasang atau melepasnya. Kesalahan ini jika dilakukan memang bisa membuat keramik busi langsung mengalami retak. Terlebih lagi saat Anda melepas busi pada saat kondisi suhu mesin masih panas.

Untuk mengetahui keramik busi yang tidak bisa berfungsi dengan normal lagi, maka Anda harus sering mengecek kondisi busi secara berkala. Jika terdapat keretakan tertentu, maka segera diganti agar tidak menyebabkan efek samping brebet pada mobil Anda semakin parah. Jangan tunggu terlalu lama, karena bisa berimbas pada kerusakan komponen mesin lainnya.

Baca juga : Tips Menghilangkan Mabuk Kendaraan saat Perjalan Jauh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini