Home Tips Ini Efek Buruk Jika Menggunakan Kampas Rem Palsu

Ini Efek Buruk Jika Menggunakan Kampas Rem Palsu

0
39

Kegunaan kampas rem sendiri adalah sebagai sistem untuk menekan cakram agar gesekan yang diberikan mampu memperlambat dan menghentikan putaran roda, pada intinya kampas rem ini berfungsi untuk mengatur laju ban mobil agar Anda dapat melakukan pengereman dengan sempurna.

Bahaya kampas rem palsu seringkali diabaikan oleh pengendara, padahal jika tetap digunakan dapat mengancam keselamatan berkendara. Lalu, bagaimana jika ternyata kampas rem tersebut palsu? Apakah mempengaruhi fungsinya? Ya, tentu saja. Berikut adalah bahaya yang perlu Anda ketahui apabila menggunakan kampas rem palsu.

Lebih Mudah Rapuh

Membeli kampas rem palsu sama saja seperti Anda membuang-buang duit. Pasalnya, kampas rem yang palsu memiliki bahan yang lebih rapuh, sehingga resikonya jadi tidak bertahan lama dan lebih cepat diganti. Bila mudah rapuh, pengereman juga jadi tidak maksimal.

Kurangnya Kekuatan Perekat Rem

Kekuatan perekat antara kampas dan sepatu rem tidak terjamin. Hal tersebut membuat kampas rem jadi rentan lepas sehingga berujung pada kecelakaan kendaraan. Perekat rem bisa lepas sewaktu-waktu dan membuat putaran roda macet mendadak atau rem blong.

Kerusakan pada Cakram

Kampas rem palsu biasanya memiliki bahan yang lebih keras, otomatis hal ini menjadikan cakram mudah terkikis. Cakram atau biasa disebut disc brake menjadi mudah untuk tergores dan cepat tipis, sehingga menyebabkan kerusakan pada cakram.

Cakram yang rusak tentu saja harus diganti dengan yang baru, sehingga harus mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaikinya, teknisi biasanya akan melakukan dengan cara dibubut.

Rem Kurang Pakem

Berkendara akan terasa aman dan nyaman apabila sistem pengereman pakem, dengan rem yang pakem Anda tidak memerlukan effort lebih sewaktu ingin melakukan pengereman. Selain itu rem pakem juga dapat menghindari sebuah kecelakaan. Jika dibandingkan dengan kampas rem palsu, tentu saja kampas rem asli akan lebih pakem dan tahan panas.

Baca juga : Tips Merawat Kopling Mobil yang Tepat

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here