Ban adalah salah satu komponen terpenting mobil. Selain untuk berfungsi supaya mobil dapat berjalan, ban mobil adalah salah satu komponen penting dalam menjaga keselamatan berkendara Keluarga. Oleh karena itu Anda sebagai pemilik mobil harus dapat mengetahui ukuran ban serta jenis ban yang sesuai dengan tipe kendaraan Anda dan bagaimana cara merawatnya.

Ini dikarenakan ban memiliki usia penggunaan, apabila ban sudah mencapai usianya maka sangat dianjurkan untuk menggantinya dengan ban baru yang sesuai dengan tipe mobil yang Anda gunakan. Sebenarnya tidak sulit untuk membaca ukuran dan spesifikasi ban, karena sebenarnya sudah ada pada kode yang terdapat pada dinding ban.

Cara untuk bisa membaca ukuran ban mobil, hanya satu, yaitu memahami kode ban mobil yang ada di sisi ban dan tapak mobil. Di sisi ban dan tapak mobil tersebut sudah tersedia kode-kode yang harus Anda pahami sebagai pemilik mobil. Kode yang harus Anda pahami di antaranya, kode regulasi standar teknikal nasional, dan kode iso metrik ban.

Berikut ini merupakan pembahasan kode regulasi standar teknikal nasional mulai dari DOT, ETRTO dan TRA hingga E-mark. Kode-kode ini dibuat untuk menjelaskan standar regulasi dari organisasi-organisasi yang mengeluarkan aturannya.

DOT

Kode DOT adalah urutan karakter alfanumerik yang disematkan ke sisi samping ban agar memungkinkan identifikasi ban juga usianya. DOT ini dirilis oleh Departemen Transportasi AS. Namun, kode ini digunakan di seluruh dunia. Kode DOT berguna dalam mengidentifikasi ban yang terkena penarikan produk dan atau kadaluarsa dikarenakan usia.

ETRTO dan TRA

ETRTO dan TRA adalah 2 organisasi yang mempengaruhi standar ban nasional. Tujuan keduanya menyelaraskan standar ban dan pelek nasional, untuk ERTO di Eropa dan TRA di wilayah Amerika.

E-mark

Semua ban yang dijual buat penggunaan jalan raya di area Eropa setelah bulan Juli 1997 harus memiliki tanda E. Tanda ini dibagi dua menjadi “E” dan “e” yang diikuti oleh angka di dalam lingkaran dan atau persegi panjang, kemudian diikuti angka selanjutnya.

“E” menunjukkan bahwa ban disertifikasi guna memenuhi persyaratan kinerja, dimensi, dan penandaan peraturan ECE 30. “e” menunjukkan bahwa ban disertifikasi untuk mematuhi kinerja, dimensi, dan persyaratan penandaan Directive 92/23/EEC.

Angka dalam lingkaran dan atau persegi panjang menunjukkan kode negara pemerintah yang berikan persetujuan jenis. Angka terakhir adalah nomor sertifikat persetujuan tipe yang dirilis untuk ukuran dan tipe ban.

Baca juga : Wuling Sharing Pengalaman Berkendara Bersama Inovasi WISE di Bandung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini