XL Axiata mulai membuat berbagai persiapan yang saat ini sedang dilakukan di lapangan agar layanan data dan internet super cepat ini bisa hadir mendukung gelaran balap mobil Formula E di Jakarta pada 4 Juni 2022. Layanan 5G dari XL Axiata akan dapat diakses di sejumlah titik di seputar Sirkuit Formula E dan sepenuhnya gratis atau sama sekali tidak dikenakan biaya.

Guna menghadirkan real 5G mobile experience bagi pelanggan, khususnya bagi pengunjung yang berada di arena Formula E ini, XL Axiata mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, termasuk untuk penggunan pita frekuensi 3.5GHz.

Sejumlah titik akses 5G akan disiapkan di seputar sirkuit yang menjangkau sejumlah area yang menjadi lokasi berkumpulnya penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event Formula E.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “Kami yakin bahwa jaringan 5G XL Axiata siap mendukung penyelenggaraan balap mobil Formula E, sekaligus kembali mengenalkan layanan akses data dan internet super cepat ini kepada masyarakat, termasuk para tamu asing yang hadir di event internasional ini.”

Melalui penggelaran 5G ini, pengunjung akan dapat merasakan pengalaman 5G yang sesungguhnya, yang dapat menghadirkan beberapa keunggulan dibandingkan jaringan 4G di antaranya data rate (kecepatan data) lebih tinggi, latency lebih rendah, dan jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G.

Peningkatan jaringan di sekitar Sirkuit Formula E

Selain menggelar jaringan 5G, XL Axiata juga gencar melakukan peningkatan kualitas jaringan 4G di wilayah sekitar Sikuit Formula E. Pada jaringan 4G, XL Axiata telah mempersiapkan penambahan kapasitas dan jangkauan jaringan di beberapa titik yang diprediksi akan terjadi peningkatan trafik, termasuk penambahan 3 Mobile BTS (MBTS) di beberapa titik di sekitar lokasi acara.

“Kapasitas jaringan di sekitar Ancol kami tingkatkan hingga 2-3x sebagai antisipasi lonjakan trafik selama hari balapan. Dengan tingginya antusiasme masyarakat serta publikasi dan pemberitaan mengenai Formula E yang cukup luas dan gencar selama ini, pengunjung Ancol bisa membludak dan pastinya akan mendorong kenaikan trafik,” jelas I Gede.

Khusus di Jakarta Utara, wilayah yang menjadi tempat perhelatan ajang Formula E, XL Axiata memiliki lebih dari 1.600 BTS, dengan hampir 1.000 di antaranya BTS 4G. Sementara itu, untuk seluruh wilayah DKI Jakarta, XL Axiata mengoperasikan lebih dari 9.700 BTS, termasuk lebih dari 5.700 BTS 4G.

Baca juga : Sejarah Masuknya Vespa di Indonesia sejak 1950

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini