Otodiva.com — Blibli memperkenalkan armada skuter listrik yang akan memperkuat divisi logistik ecommerce berwarna biru ini. Skuter listrik ini bernama Smoot Tempur yang diklaim bisa bertahan sampai jarak tempuh 60 kilometer satu kali pengecasan baterai.

Chief Operating Officer Blibli.com, Lisa Widodo tampak sumringah mengendarai skuter berwarna biru itu. Dia mengendarai pelan ke arah para wartawan. Hanya beberapa meter dari tempat parkir Smoot Tempur, Lisa mengerem skuter itu, menurunkan kakinya yang berbalut Onitsuka Tiger berwarna krem hitam, lalu menjejakkan standard Smoot Tempur yang ada di sebelah kirinya.

Skuter Smoot Tempur itu sesuai dengan warna khas Blibli. Lisa yang menggunakan jaket berwarna hitam dan helm senada langsung menghampiri Co–Founder Smoot Motor Indonesia, Kevin Phang yang sudah menunggu. Baik Lisa maupun Phang sepakat jika sudah saatnya dunia beralih ke teknologi yang lebih ramah lingkungan dan memberi dampak yang berkelanjutan.

smoot tempur blibli
Blibli resmi memperkenaknalkan e-bike ramah lingkungan hari ini

“Kami menghadirkan semua ini, selain untuk mencapai target perusahaan ramah lingkungan juga karena semata-mata hanya untuk memberikan kepuasan bagi para pengguna Blibli.com. Gudang yang kami gunakan sudah memiliki ekosistem yang ramah lingkungan, pengepakan barang/paket juga sudah memanfaatkan karton bekas dan tak lagi menggunakan buble wrap plastik. Terakhir, ada skuter listrik yang akan kami gunakan untuk kebutuhan logistik,” papar Lisa.

Sejatinya, kata Lisa, divisi pengiriman atau logistik milik Blibli telah menggandeng hampir semua nama besar yang ada di bidang logistik, sampai penyedia ojek online ternama di tanah air. Total ada lebih dari 14 perusahaan logistik yang telah mereka gandeng.

Armada Blibli Express Service merupakan armada inhouse milik Blibli. BES akan memastikan pelanggan mendapatkan barang yang mereka inginkan dalam waktu 2 jam saja, jika jarak pengantaran kurang dari 30 km.

“Selain dijadikan armada logistik in-house, motor listrik Smoot juga telah hadir di platform Blibli untuk diperjualbelikan. Harga motornya sekitar Rp 16,5 juta per unit,” ungkap Phang.

smoot tempur blibli
Blibli resmi memperkenaknalkan e-bike ramah lingkungan hari ini

Adapun, jangkauan penggunaan baterai motor listrik ini bisa menempuh perjalanan sekitar 50 sampai 60 km. Kevin mengatakan, pihaknya juga telah memiliki sebanyak 400 titik swap station. “300 titik di Jakarta dan sisanya berlokasi di Bali,” sambung dia.

Dengan kehadiran titik-titik tersebut, nantinya layanan Swap Energy ini akan menggunakan sistem tukar baterai. Sehingga pemilik motor nantinya cukup mengunjungi tempat pengisian dan melakukan penukaran baterai yang habis dengan yang sudah terisi.

Lisa menyebut jika saat ini skuter Smoot baru akan digunakan di Jakarta. Ke depan akan berkembang kolaborasi lagi dengan Smoot ke kota lain yang akan diekspansi.  Total ada hampir 100 armada skuter dengan daur hidup 1500 cycles atau sekitar 4 sampai 4,5 tahun pemakaian. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini